Unika Terpilih Menjadi Penyelenggara Diklatsargab KSR 2018
Rabu, 28 November 2018 | 14:16 WIB

Pemateri Diklatsargab 2018 saat memaparkan materi pada kelas pelatihan yang diikuti oleh enam unit KSR se-kota Semarang

 

Diklatsargab atau Pendidikan dan Pelatihan Dasar Gabungan merupakan pendidikan tahap kedua dari tiga rangkaian pendidikan yang dilakukan KSR (Korps Sukarela) untuk mendidik karakter calon anggota KSR sesuai dengan jiwa Kepalangmerahan. Kegiatan ini diikuti oleh enam unit KSR se-kota Semarang yang diwadahi dalam enam perguruan tinggi, salah satunya adalah di Unika Soegijapranata melalui UKM KSR.

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini, diselenggarakan secara bergilir dari enam unit yang tergabung. Dan yang menjadi istimewa adalah pada tahun 2018 Unika Soegijapranata terpilih menjadi tuan rumah kegiatan ini.

Diklatsargab 2018 yang dilaksanakan selama empat hari mulai hari Kamis hingga Minggu (22/11-25/11) di Lapangan Tembak, Tembalang diikuti oleh sekitar 105 peserta dan 36 panitia. Sedangkan tema yang dipilih adalah “Meramu Tanggap” yang merupakan kependekan dari  ‘Menjadi relawan muda yang tangguh, aktif, dan peduli sesama’.

Desi Korn, salah satu peserta yang mewakili KSR Unika Soegijapranata mengungkapkan kegembiraannya tatkala mengikuti diklat ini. “Merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi Unika untuk menjadi tuan rumah Diklatsarab tahun ini. Walaupun dari Unika sendiri didominasi oleh wanita, namun tak menyurutkan semangat kami untuk bekerja ke sana kemari untuk menyukseskan acara ini.”

Bapak Nur selaku pemateri berpendapat bahwa kegiatan seperti ini cocok untuk dilakukan untuk meregenerasi kader-kader KSR yang baru supaya memiliki jiwa yang tangguh dan harapannya peserta dapat melanjutkan hingga jenjang spesialisasi seperti WASH, posko, assesment, dan lain-lain.

Kategori: ,