Peringati Dies Natalis ke-XIV dengan Bakti Sosial
Rabu, 21 November 2018 | 14:03 WIB

Bakti sosial Magister Hukum Kesehatan Unika di selasar gedung Thoma Aquinas pada hari Kamis (15/11/2016)

 

Mewujudkan komitmen yang tinggi terhadap penerapan pelaksanaan hak dan kewajiban provider dan costumer di bidang pelayanan kesehatan adalah upaya yang ingin diwujudkan oleh Magister Hukum Kesehatan Unika Soegijapranata melalui bakti sosial kesehatan memperingati dies natalisnya yang ke-XIV.

Bertempat di Selasar Gedung Thomas Aquinas Unika, bakti sosial kesehatan ini dilangsungkan selama dua hari mulai tanggal 15-16 November dan dihadiri oleh ratusan peserta baik para civitas akademika dan beberapa masyarakat umum. Kegiatan ini juga melibatkan seluruh organisasi profesi kesehatan  seperti dokter, bidan, perawat, farmasi Kesehatan Lingkungan (Kesling) dan Kesehatan Masyarakat (Kesmas).

Dalam acara tersebut hadir pula Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata Cecilia Titiek Murniati, PhD  yang turut memeriksakan kesehatannya. “Dengan cek kesehatan seperti ini saya jadi tahu kondisi kesehatan saya dan tahu bagaimana menjaga kesehatan serta mengkonsumsi makanan yang sehat,” jelas Cecilia.

Sedangkan Ketua Program Studi Magister Hukum Kesehatan Unika Dr Endang Wahyati SH MH juga menjelaskan mengenai manfaat bakti sosial. “Bakti sosial seperti ini memang berfaedah sekali, meskipun ada keterbatasan alat namun keterbatasan itu tidak menutup akses untuk rekan-rekan ataupun masyarakat semua yang ingin mengetahui kondisi kesehatannya,” terang Dr Endang.

“Hal lain dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, kiranya menjadi momentum bagi semua insan untuk selalu hidup sehat dimulai dengan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yaitu konsumsi buah dan sayur, aktivitas fisik dan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Karena makin dini suatu penyakit terdeteksi, makin cepat pertolongan yang dapat diberikan untuk terciptanya perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku masyarakat yang lebih sehat,” imbuh Dr Endang.

Bakti sosial kesehatan adalah acara yang dilaksanakan secara rutin tiap tahun oleh Magister Hukum Kesehatan Unika dan memiliki multifungsi manfaat baik bagi si pemberi pelayanan kesehatan ataupun si penerima.  (C.Eliz)

Kategori: ,