Membangun Komunikasi yang Harmonis dengan Orangtua atau Wali Mahasiswa
Senin, 26 November 2018 | 9:54 WIB

Dekan Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika Dr Marcella Elwina Simanjuntak SH MH CN, saat memaparkan materinya dalam acara temu orangtua atau wali mahasiswa angkatan 2018

 

Salah satu hal yang penting diperhatikan baik oleh orangtua maupun lembaga universitas sebagai penyelenggara pendidikan tinggi adalah terjalinnya komunikasi yang harmonis antara kedua belah pihak yang berujung pada keberhasilan studi mahasiswa.

Menyikapi hal tersebut pada hari Jumat (23/11) bertempat di ruang Teater gedung Thomas Aquinas, Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika Soegijapranata telah menyelenggarakan kegiatan pertemuan pimpinan fakultas dengan orangtua atau wali mahasiswa angkatan 2018 dengan tema “Bersama Mewujudkan Harapan dan  Masa Depan Mahasiswa Melalui Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata”.

Dalam penjelasannya Dekan Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika Dr Marcella Elwina Simanjuntak SH MH CN memaparkan pentingnya komunikasi antara orangtua atau wali mahasiswa dengan pihak kampus. ”Pada prinsipnya acara ini diadakan untuk memperlancar proses pembelajaran yang ada di Fakultas Hukum dan Komunikasi terutama untuk yang S1 baik Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum maupun Ilmu Komunikasi. Hal kedua, kenapa orangtua atau wali mahasiswa dilibatkan? memang kita perlu bekerja sama dengan orang tua maksudnya supaya proses pembelajaran itu berjalan dengan baik dan lancar, orangtua kan juga stakeholder  maka kita perlu bekerja sama dengan mereka dan memberitahukan semua informasi yang diperlukan para orangtua dan wali mahasiswa,”jelas Dr Marcella.

“Disamping itu kita juga akan menginformasikan media apa saja yang akan dipakai untuk menjalin komunikasi antara kampus dengan pihak orangtua atau wali mahasiswa, diantaranya adalah melalui media online yang sudah disediakan oleh universitas seperti sintak-unika (http://www.unika.ac.id/blog/2017/01/19/aplikasi-untuk-orang-tua-mahasiswa/ ), sehingga melalui media online tersebut orangtua atau wali dapat mengetahui perkembangan studi putra putrinya sekaligus juga dapat mengetahui perihal uang kuliah dan progress studi studi mahasiswa,” lanjut Dr Marcella.

“Namun demikian seandainya orangtua atau wali ingin komunikasi lebih jauh terkait studi anaknya, pada prinsipnya pihak Ketua Program Studi akan bersedia dan siap melayani apapun informasi yang dibutuhkan untuk orang tua maupun oleh mahasiswa baru,” ucapnya.

Acara yang diselenggarakan sejak siang hingga sore hari ini, selain dihadiri oleh para orangtua dan wali juga dihadiri pula oleh para dosen FHK yang turut terlibat sebagai Dosen Wali mahasiswa. (fas)

Kategori: ,