Mahasiswa Psikologi Ekspresikan Talenta Sebelum Lulus
Rabu, 14 November 2018 | 13:56 WIB

Lokasi pameran hasil pemberdayaan masyarakat mahasiswa Psikologi angkatan 2015, Rabu (14/11) gedung Antonius Unika

 

Sebagai Universitas dengan tagline Talenta Pro Patria et Humanitate, civitas akademika Unika Soegijapranata diajak untuk mengekspresikan talenta yang dimiliki bagi kemaslahatan masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, Fakultas Psikologi sebagai bagian dari Unika turut serta dalam menanamkan nilai tersebut pada diri mahasiswa melalui program pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat yang masuk dalam kurikulum berbasis kompetensi (KBK) sejak tahun 2012. Oleh karenanya terhitung sejak hari Rabu hingga Kamis (14/11-15/11) seluruh mahasiswa angkatan 2015 melaksanakan pameran hasil Pemberdayaan Masyarakat yang telah mereka lakukan sejak awal semester Ganjil 2018/2019 bertempat di lantai 2-4 Gedung Antonius.

Dalam sambutan pembukaan acara, Dekan Fakultas Psikologi Unika Dr Margareta Sih Setija Utami MKes menuturkan bahwa mahasiswa angkatan 2015 sudah memasuki semester akhir dan akan memasuki dunia kerja, mau tidak mau mereka harus bersiap diri untuk mengembangkan ilmu yang dimiliki di tengah masyarakat.

“Melalui mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat, mahasiswa diajak untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk diberikan kepada masyarakat. Tidak cukup dengan program KKN/KKU yang telah dilakukan, namun Pemberdayaan Masyarakat juga perlu dilakukan utamanya dalam segi Psikologis. Masyarakat tidak hanya cukup dibekali dengan hal-hal yang teknis namun segi non teknis juga diperlukan. Maka mata kuliah ini memberikan referensi kepada mahasiswa untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk.”

Selanjutnya pembukaan acara pameran dilakukan oleh Dr M Sih Setija Utami secara simbolis dengan pemotongan tumpeng yang kemudian diserahkan kepada Koordinator Pengampu Mata Kuliah Pemberdayaan Masyarakat Drs Pius Heru Priyanto MSi dan  dilanjutkan dengan makan bersama mahasiswa.

Adapun pembagian lokasi stand pameran adalah sebagai berikut : lantai 2 dan 3 untuk kegiatan pemberdayaan dalam bentuk barang jadi dan jasa serta lantai 4 dikhususkan untuk kegiatan pemberdayaan dalam bentuk barang konsumtif habis pakai (makanan dan minuman). (Ign)

Kategori: ,