FT Unika Sosialisasikan Program Profesi Insinyur
Senin, 5 November 2018 | 10:27 WIB

Ir Wisnu Suharto Dipl HE IPU ACPE sedang mempresentasikan materinya di Hotel Kesambi Hijau, pada hari Jumat (2/11/2018)

Unika Soegijapranata bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Jawa Tengah melakukan sosialisasi mengenai pendidikan sertifikasi insinyur pada Jumat (2/11).

Ir Widija Suseno Widjaja MT IPU menjelaskan tujuan dari sosialisasi ini ialah untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa setiap orang yang bergerak di bidang konstruksi atau pembangunan harus mempunyai sertifikasi melalui pendidikan program profesi insinyur.

“Untuk kedepannya setiap orang yang bergerak di bidang konstruksi ataupun pembangunan harus mempunyai sertifikasi. Nah, sertifikasi ini didapat dengan menempuh studi Program Profesi Insinyur (PPI), dengan persyaratan telah lulus dari S1 Teknik dan memiliki pengalaman kerja selama minimal dua tahun di bidangnya,” Jelas Widija.

Dalam sosialisasi ini, Widija juga menyampaikan bahwa Unika Soegijapranata tahun depan (2019) direncanakan sudah membuka Program Profesi Insinyur (PPI).

Ketua Persatuan Insinyur Indonesian (PII) di Jawa Tengah yakni Ir Wisnu Suharto Dipl HE IPU ACPE juga hadir sebagai salah satu pembicara dalam sosialisasi ini. Wisnu menyampaikan mengenai kegiatan dalam bidang keinsinyuran menurut undang-undang.

“Bidang keinsinyuran tidak melulu soal kontraktor. Ada berbagai macam bidang keinsinyuran misalnya insinyur pendidik, insinyur perguruan tinggi teknik, insinyur riset, dan sebagainya,” jelas Wisnu.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Kesambi Hijau ini banyak dihadiri pula oleh para dekan perguruan tinggi teknik di Semarang, para kontraktor, konsultan proyek besar, unsur-unsur pelayanan umum, dan dosen teknik sipil Unika Soegijapranata. (CBL)

Kategori: ,