Aplikasi JobFair Unika, Permudah Pencari Kerja
Kamis, 15 November 2018 | 9:06 WIB

WWS 15_11_2018 Aplikasi Job Fair

Soegijapranata Student Career Center (SSCC) Unika Soegijapranata kembali akan menggelar bursa lowongan kerja, dalam Unika fob Fair XXVII pada 22-23 November mendatang di Auditorium gedung Albertus kampus Bendan Dhuwur Semarang. Uniknya, para pelamar kerja bisa memasukkan lamaran tidak hanya berbasis kertas, namun bisa online menggunakan aplikasi Job Fair Unika.

"Job Fair ini terbuka bagi alumni Unika Soegijapranata dan masyarakat umum. Tercatat ada sebanyak 36 perusahaan, dengan 1.800 lowongan kerja untuk para lulusan mulai dari SMA/SMK hingga perguruan tunggi. Serunya, pelamar kerja khususnya para alumni Unika bisa memasukkan lamaran pekerjaan melalui aplikasi Job Fair, yang terhubung dengan sistem akademik (sintak) Unika," papar Kepala SSCC Lenny Setyowati SS MIKom, di kampus Bendan Dhuwur, Rabu (14/11).

Sementara, bagi para pelamar non alumni Unika, aplikasi tersebut juga bermanfaat untuk mempermudah mereka mencari lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Sedangkan bagi perusaan penyedia lapangan kerja, aplikasi Job Fair juga memudahkan mereka dalam memilah lamaran yang masuk.

"Mulai UJF 25 periode April 2017, aplikasi Job Fair dipakai dan dimanfaatkan oleh job seekers, melihat informasi Iowongan perkerjaan yang ditawarkan. Cukup mengunduh aplikasi Unika fob Fair di Google Play Store, nantinya user name dan password akan diberikan pada saat acara berlangsung. Mereka bisa memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, dan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan, untuk selanjutnya memasukkan lamaran pekerjaan ke stand perusahaan yang dimaksud," tandas Lenny.

Dapat
Bagi lulusan/ alumni Unika Soegijapranata lamaran pekerjaan dapat dilakukan baik secara online melalui program sintak unika job fair. Bagi perusahaan, bisa mengetahui berapa banyak pelamar kerja yang mendaftar pada tiap posisi yang ditawarkan. Termasuk melihat softcopy lampiran aktifitas kegiatan non akademik pelamar dari lulusan Unika Soegijapranata, sebagai pendamping akademik, ijasah lulusan Unika Soegijapranata dapat diverifikasi oleh perusahaan secara online dengan scan Qrcode pada ijasah.

"Seperti pada pelaksaan Job Fair sebelumnya, para job seekers (para pencari kerja) tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikutinya. Ini adalah salah satu bentuk kepedulian, Unika Soegijapranata untuk turut serta membantu pemerintah, dalam memberikan akses kemudahan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan," terangnya.

Sebagai salah satu universitas ternama di Semarang dan Perguruan Tinggi Swasta pertama di Jawa Tengah yang meraih Akreditasi Intitusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai A, Unika Soegijapranata sangat memperhatikan kualitas lulusannya agar dapat diterima bekerja. Oleh sebab itu, untuk dapat membantu dan mempersiapkan para alumninya, Unika Soegijapranata mendirikan unit Soegijapranata Student Career Center (SSCC) pada tanggal 1 April 2002.

â–ºWawasan 15 November 2018, hal. 10

Kategori: