Unika Lepas 193 Mahasiswa Program KKU
Rabu, 3 Oktober 2018 | 15:31 WIB

Untuk kesekian kalinya, Unika Soegijapranata kembali mendampingi UKM di Kota Semarang melalui program Kuliah Kerja Usaha (KKU) yang diadakan mulai tanggal 2 Oktober hingga 14 Desember 2018 mendatang yang ditandai dengan upacara pelepasan di Lapangan Albertus Unika Soegijapranata pada Senin (2/10).

Dalam penyelenggaraan program KKU ini, Unika mengambil tema yang berbeda dari penyelenggaraan KKU sebelumnya yaitu “Keterlibatan Strategis Mahasiswa dengan Berbagai Disiplin Ilmu dan Talenta Turut Ambil Bagian Secara Bersama untuk Membangun UMKM”.

Pada program KKU periode II tahun 2018 ini diikuti oleh 193 mahasiswa dari 15 program studi yang akan ditempatkan di 7 lokasi dengan rincian sebagai berikut: Kelurahan Gisikdrono, Kelurahan Tanjung Mas, Kelurahan Kemijen, Kelurahan Kandri, Lingkungan Sambiroto, Lingkungan Kuncup Melati, Lingkungan LPUBTN.

Dalam sambutannya, Dr. Bertha Bekti Retnawati, MSi selaku Kepala LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Unika Soegijapranata mengharapkan dalam kegiatan KKU ini, para mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang sudah diperoleh selama kuliah kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Di samping penerapan ilmu, kesempatan ini juga dapat¬†menambah pengalaman bagi para mahasiswa untuk belajar mengenai kondisi secara riil di masyarakat saat mendampingi para mitra usaha yang diharapkan akan terbantu kondisi mereka dibandingkan sebelum para mahasiswa datang,” tegas Dr. Berta.

Menurut Dr. Berta, kegiatan KKU semakin membawa manfaat bagi para mitra, hal ini terbukti semakin banyak mitra yang meminta didampingi oleh mahasiswa Unika. Di sisi lain, meskipun dengan fakta yang ada, Unika tetap membumi sehingga dalam hal ini baik LPPM Unika, mahasiswa, ataupun mitra dapat melakukan keterlibatan sinergis

Sementara dari salah satu mahasiswa peserta, Nathania yang ditempatkan di Kelurahan Kandri menyebutkan hingga saat ini, ia mulai mencoba untuk menyusun program yang akan dijalankan dalam dua setengah bulan ke depan saat mendampingi mitra.

“Pilihan saya memang mengikuti KKU bukan KKN karena dalam program ini, saya lebih merasakan efek dari kegiatan pendampingan masyarakat yang dilakukan. Selain itu, dari waktu yang diberikan, saya rasa KKU¬† juga lebih efektif dalam pengembangan mitra,” ujar Nathania.

Seperti biasanya, setelah program KKU Unika berakhir, pasti akan mengadakan kegiatan Expo dan Workshop KKU yang diikuti oleh para mitra binaan yang memamerkan produknya pada tanggal 6 Desember mendatang. (Cal)

Kategori: ,