UKDW Yogyakarta Studi Banding Kurikulum Kewirausahaan ke Unika
Rabu, 17 Oktober 2018 | 15:05 WIB

image

Dosen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mengadakan studi banding di Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang terkait sharing ilmu dan pengembangan kurikulum Kewirausahaan. Rombongan diterima oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan V Kristina Ananingsih MSc, Ketua Center for Student Entrepreneurship (CSE) Unika Soegijapranata Ch Yekti Prawihatmi serta para anggota CSE Unika yang telah menjalankan berbagai bidang usaha, di ruang Hijau, gedung Mikael lantai 3 kampus tersebut, Rabu (17/10/2018).

Ketua Perwakilan dosen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta Purwani Retno Andalas mengungkapkan untuk pengembangan mata kuliah kewirausahaan di  Fakultas Bisnis UKDW, dibutuhkan sharing dengan berbagai sumber salah satunya dengan Unika Soegijapranata.

"Kami membutuhkan sharing ilmu dengan berbagai perguruan tinggi sejenis yang juga telah mengadakan kuliah kewirausahaan. Di samping itu, kami juga ingin menggali informasi lebih lanjut mengenai lembaga pengembangan kewirausahaan yang ada di Unika Soegijapranata," tutur Retno.

Kristina menjelaskan di Unika, mata kuliah kewirausahaan tidak hanya disampaikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis tetapi juga di beberapa fakultas lainnya. Selain kuliah kewirausahaan dan lembaga CSE yang membimbing para mahasiswa yang memiliki usaha.

"Sejak dibentuknya lembaga CSE pada bulan Mei lalu, salah satu mahasiswa anggota CSE Unika telah memperoleh penghargaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah berupa bantuan dana usaha sebesar Rp13 juta," jelasnya.

Adapun Ch Yekti Prawihatmi menjelaskan  hingga saat ini CSE Unika Soegijapranata telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengadakan seminar dan workshop seperti Pemerintah Kota Semarang, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah serta dengan pihak swasta seperti PT Visionet Data Internasional dan Unishop.

"Saat ini kami sedang membangun marketplace kami sendiri guna pemasaran bagi wirausahawan Unika yang saat ini masih dipersiapkan untuk eksekusinya. Kami berharap dalam diskusi ini dapat digunakan untuk sesi sharing guna menemukan model kewirausahaan yang paling tepat untuk mengembangkan kewirausahaan di perguruan tinggi," jelas Yekti.

Di samping sharing antar dosen, kunjungan para dosen Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta juga diisi dengan pemaparan materi tentang konsep pendidikan kewirausahaan yaitu perubahan paradigma, pengetahuan, dukungan oleh satu pengajar Englishpreneurship Unika, Jimmy yang juga seorang wirausahawan.

http://ayosemarang.com

Kategori: