Tantangan terhadap Pancasila Terus Bermunculan
Selasa, 9 Oktober 2018 | 11:42 WIB

SM 9_10_2018 Tantangan terhadap Pancasila Terus Bermunculan

Generasi milenial menghadapi banyak tantangan terhadap eksistensi Pancasila yang mulai luntur. Hal tersebut diungkapkan Prof Dr Mohammad Mahfud MD saat memberikan Kuliah Umum Kebangsaan "Generasi Z-Alpha, Generasi Pancasila" di Kampus Unika Soegijapranata, Senin (8/10).

Mahfud menuturkan, saat ini tantangan terhadap eksistensi Pancasila dan tentunya terhadap kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terus bermunculan.

Kini ada ideologi lain yang coba dilawankan dengan Pancasila. Sementara perkembangan masyarakat dari generasi ke generasi membawa tantangannya sendiri. "Kini generasi kita didominasi oleh generasi milenial yang akan segera disusul oleh generasi Z dan generasi Alpha yang tantangannya akan jauh lebih besar," tuturnya.

Jadi Rujukan

Menurutnya, Pancasila dalam perjalanannya yang sudah lebih dari 73 tahun dipergunakan sebagai dasar ideologi negara. Pancasila tetap eksis dan selalu menjadi tempat kembali dan rujukan kesepakatan jika terjadi konflik antarsesama warga bangsa.

Dikatakan, meskipun begitu, masih akan terus banyak tantangan yang dihadapi dalam membawa Indonesia ke masa depan dengan tetap berdasar Pancasila. "Pada saat ini keutuhan Indonesia berdasar Pancasila ditantang oleh gerakan ideologi lain yang dianggap lebih baik, misalnya muncul sikap intoleran, radikalisme, sampai ide khilafah," ujarnya.

Menurut dia, masalahnya lebih terletak pada maraknya pelanggaran hukum dan meluasnya ketidakadilan sosial sehingga terjadi kesenjangan sosial dan kemiskinan yang agak massal. Oleh sebab itu, ke depan harus dibangun dengan basis dan paradigma baru yakni penegakan hukum dan keadilan sosial.

â–ºSuara Merdeka 9 Oktober 2018 hal. 24, https://www.suaramerdeka.com

Kategori: ,