Syaharani Pukau Penikmat Jazz di Soegijazz
Senin, 29 Oktober 2018 | 9:14 WIB

RDS 26_10_2018 Syaharani Pukau Penikmat Jazz di Soegijazz
Perkembangan industri musik jazz dari tahun ke tahun, mengalami peningkatan kualitas. Terbukti banyak yang memproduksi jazz indie. Bahkan, mulai ada keberanian bermain di ranah instrumental, padahal itu hal yang sulit.

Hal itu diungkapkan Saira Syaharani Ibrahim dalam jumpa pers yang digelar di Sport Hall Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang pada Rabu malam (24/10). Penyanyi jazz kawakan ini mengungkapkan dirinya selalu melihat perkembangan musik jazz nasional melalui media sosial.

Ia juga mengaku bekerja untuk Anugerah Music Indonesia (AMI) Award, sehingga mengetahui secara langsung entri-entri musik jazz yang masuk dalam berbagai kategori dan dapat menyimpulkan geliatnya dalam dunia permusikan.

“Saya mendengarkan entri-entri yang masuk dalam Anugerah Music Indonesia (AMI) Award kategori musik jazz. Banyak teman indie yang produksi jazz. Ada yang menyanyikan lagu-lagu 60-an, 70-an, ala-ala vintage begitu, yang kemungkinan besar bisa menggeser tren," ungkap Syaharani.

Dirinya, tambah Syaharani, mengapresiasi Festival Jazz tahunan Soegijazz yang diadakan Unika Soegijapranata ini. Menurutnya, acara ini memiliki warna festival yang asyik, selain menghadirkan bintang tamu yang menarik. Di Soegijazz juga menyajikan festival jazz yang tidak dicampur dengan genre musik lain. Pun animo penonton kondusif membuat pagelaran jazz lebih enak dinikmati.

Donny Suhendra, sang gitaris sekaligus komposer Queen Fireworks berharap acara tersebut dapat menjadi role model untuk festival lain yang murni mengusung jazz sebagai genre utama. "Asyik! Acara seperti ini semoga dapat terus digelar untuk memperlihatkan potensi-potensi band indie yang menekuni genre jazz," kata salah satu pengunjung Ayumi Hara.

Selain itu, Soegijazz 2018 juga dimeriahkan oleh Edwin Putro & Friends, MLD Jazz Project Season, GGS Music dan band jazz asli kampus seperti Jazziot, Feel The Feels dan Soegi Band. Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr Ridwan Sanjaya menyatakan bahwa acara tahunan tersebut untuk mengabarkan potensi dan talenta di kanpus ke masyarakat luas.

"Acara ini telah berlangsung bertahun-tahun. Dan tahun-tahun yang akan datang juga akan dilaksanakan. Semoga dapat menunjukkan potensi dan talenta-talenta ke masyarakat yang lebih luas," pungkas rektor.

►Jawa Pos Radar Semarang 26 Oktober 2018 hal. 2

Kategori: