Syaharani Apresiasi Soegijazz
Senin, 29 Oktober 2018 | 10:00 WIB

image

Penyanyi Syaharani and Queen Fireworks tampil menghibur mahasiswa Unika Seogijapranata dan masyarakat penggemar musik jazz dalam pentas Soegijazz di Sporthall Unika, baru-baru ini. Penampilan Syaharani di puncak acara ini membakar semangat penonton yang sudah lama menanti. Syaharani tampil membawakan sembilan lagu, antara lain karya original Queen Fireworks sendiri.

Penyanyi kelahiran Batu, Jatim ini mengapresiasi ajang rutin tahunan Soegijazz yang dinilai ajeg atau tetap konsisten menampilkan warna musik jazz. ”Soegijazz ini termasuk ajeg warna festivalnya yang asyik. Tahun lalu sempat ada Mas Indra Lesmana juga tampil, jadi memang ada niat mengadakan pentas yang kental musik jazz,” jelas wanita dengan nama lengkap Saira Syaharani Ibrahim saat memberikan keterangan pers sebelum tampil memuncaki pentas.

Berbeda
Sporthall Unika dipadati penonton yang sebagian besar mahasiswa. Meski sudah berusia separo baya atau 47 tahun, Syaharani tetap tampil memikat membawakan tiap lagu. Seperti ”Sayang Sayang Sayang”, ”Kiranya”, ”If It Aint Got That Swing”, ”Arisan Hujan”, ”De’ Dia, Hujan Malam”, ”Jangan lagi Datang”, ”Adventure of a Lifetime”, dan ”Morning Coffee”. Personel Quee Fireworks, Suhendra menilai banyak perhelatan festival musik jazz di Nusantara. Namun, festival jazz itu masih dicampuradukkan dengan aliran musik pop dan rock.

Meski demikian, ia melihat Soegijazz ini menjadi sesuatu yang berbeda. ”Mudahmudahan Soegijazz jadi festival jazz sebenarnya. Festival jazz ya festival jazz, jangan dicampur dengan musik lain, seperti pop dan lainnya,” ungkapnya. Tema event tahun ini Unity in Diversity atau persatuan dalam keberagaman. Pentas dibuka penampilan Jazziot dan Feel the Feels, dua band kampus Unika yang lolos audisi untuk tampil dalam Soegijazz tahun ini.

Dilanjutkan dengan MLD Jazz Project Session 3, Soegiband, serta Edwin Putro and Friends. Rektor Unika Seogijapranata Prof Dr Sanjaya didampingi Wakil Rektor IV Unika B Danang Setianto salah satu penggagas Soegijazz mengatakan, sebagaimana komitmen awal, Seogijazz ini rutin digelar tiap tahunnya. Selain Indra Lesmana, penyanyi jazz kenamaan yang pernah tampil di Seogijazz ialah Mus Mujiono.

►Suara Merdeka 29 Oktober 2018 hal. 16

Kategori: