PELUNCURAN GAME EDUKASI “ADVENTURE OF GIGI”
Kamis, 25 Oktober 2018 | 17:01 WIB

Penekanan tombol launching Game Edukasi “Adventure of Gigi” secara bersama-sama, Senin (22/10/2018)

Program Studi Game Teknologi Universitas Katolik Soegijapranata bekerjasama dengan sang pengagas ide drg Teguh Persetya Hery Purnomo, Sp KGA meluncurkan aplikasi game edukasi bertema “Adventure of Gigi” pada hari Senin, 22 Oktober 2018 di Ruang Teather Gedung Thomas Aquinas. Peluncuran game edukasi ini juga didukung oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

“Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada Program Studi Game Teknologi Unika yang telah bekerjasama membuat aplikasi game edukasi kesehatan gigi dengan tema Adventure of Gigi. Tokoh-tokoh yang ada pada aplikasi seperti kelinci, peri gigi, bakteri, monster bisa digunakan sebagai salah satu icon edukasi kesehatan gigi” kata drg Teguh.

Selain itu beliau menuturkan bahwa game edukasi ini sudah digagas sejak pertengahan 2017 dan sudah dipresentasikan dalam acara seminar di Royal Ambarukmo Jogjakarta. Adanya game edukasi ini mendapatkan sambutan baik oleh masyarakat karena game ini dapat mengedukasi dan tidak menimbulkan kecanduan pada anak.

“Pembuatan game aplikasi ini awalnya karena banyak anak yang bertanya pada saya bagaimana cara menghilangkan kuman di gigi dan mereka terus mengejar saya dan bertanya apakah gigi rusak karena ada ulatnya. Akhirnya dengan pemikiran saya dan support dari Prof  Ridwan dari Unika Soegijapranata akhirnya kami mengembangkan game edukasi ini untuk menjawab pertanyaan anak-anak tersebut,” lanjut drg Teguh.

Selain peluncuran game edukasi “Adventure of Gigi” ada juga peluncuran Alarm Sikat Gigi yang baru pertama kali ada dalam bentuk 3D dan juga film animasi mengenai kesehatan gigi. Alarm sikat gigi dapat membantu anak-anak dalam mengetahui bagaimana cara menggosok gigi yang benar selama 2 menit.

“Saya sangat bersyukur bahwa Unika Soegijapranata dapat bekerjasama dengan drg Teguh karena Unika memiliki program 4 tahunnya yaitu Unika Connect yang bertujuan menghubungkan talena-talenta yang ada di Unika termasuk salah satunya talenta mahasiswa Game Teknologi dalam mengembangkan game edukasi ini supaya dapat terhubung dan dikembangkan ke masyarakat. Peluncuran aplikasi ini merupakan implementasi dari Unika Connect,” kata Prof Ridwan.

Peluncuran game edukasi dan juga alarm sikat gigi ini sangat berguna bagi masyarakat terutama anak-anak dalam membantu mengurangi angka kerusakan gigi pada anak. Aplikasi game edukasi “Adventure of Gigi” dapat didownload di Play Store untuk handphone android. (SIC)

Kategori: ,