Kompas Corner Unika adakan Workshop Citizen Journalism
Senin, 8 Oktober 2018 | 17:12 WIB

Jumat, (28/9). Kompas Corner Unika Soegijapranata Semarang mengadakan workshop dengan tema “Extraordinary Citizen Journalism (ECJ)”. Kompas Corner di Unika ini merupakan Kompas Corner pertama di Jawa Tengah dan workshop tersebut juga merupakan event pertama Kompas Corner Unika.

Ketua acara ECJ, Aude Gardika, menjelaskan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai bentuk dari kepedulian  dan penciptaan wadah bagi mahasiswa yang tertarik pada dunia jurnalis, tetapi berasal dari background awam.

“Saya berharap melalui acara  ECJ ini, mahasiswa awam dapat memperoleh ilmu yang tepat dari narasumber yang tepat tentang bagaimana menjadi Citizen Journalism yang baik dan benar,”jelas Aude.

Dalam workshop ECJ ini hadir sebagai narasumber dari Kepala Desk Kompas Muda Budi Suwarna. Budi menjelaskan tentang bagaimana peran Citizen Journalism dalam dunia industri media sekarang ini, serta penjelasan mengenai tahapan-tahapan menjadi Citizen Journalism.

Selain itu dalam workshop ini peserta juga diberi kesempatan untuk mengaplikasikan secara langsung ilmu yang sudah diperoleh dengan membuat tulisan sebagai Citizen Journalism.

Pada penghujung acara, para peserta mendapat apresiasi dari Kompas Corner berupa giveaway tote bags dan voucher gramedia. Hal yang paling ditunggu ketika Kompas Corner membagikan doorprize berupa Sportscapes yang berisi kumpulan foto-foto jurnalis kompas dalam bidang olahraga yang dapat memberi pengetahuan bagi Citizen Journalism.

“Harapannya, apa yang saya sampaikan dalam workshop dapat menambah pengetahuan dan keahlian mahasiswa sehingga dapat berperan aktif dalam membuat berita yang dapat dimuat dalam laman Kompas Muda sebagai kontribusi mahasiswa menjadi Citizen Journalism dengan tetap menggunakan pedoman yang telah didapat, dan juga mengembangkan kemampuannya di dunia jurnalis.,” tutup Budi. (Lia)

Kategori: ,