Game Technology Unika Adakan Lomba Game Anak-Anak
Selasa, 23 Oktober 2018 | 9:37 WIB

Salah satu peserta lomba game ‘Adventure of Gigi’ tampak sedang membaca informasi sebelum memulai game, Senin (22/10/2018), di gedung Henricus Constance

Program S1 Game Technology Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata, pada hari Senin (22/10) telah mengadakan lomba kompetisi game untuk anak berupa Lomba Game ‘Adventure of Gigi’ bertempat di gedung Henricus Constance Unika.

David Kristianto Halim selaku Ketua panitia lomba menjelaskan latar belakang pelaksanaan lomba game Ini. “Latar belakang lomba game edukasi ini memang kami adakan sebelum acara launching aplikasi game ‘Adventure of Gigi.’ Dalam lomba ini kami ingin menunjukkan tentang game edukasi dan apa manfaatnya, sehingga dengan lomba game ‘Adventure of Gigi’ ini akan ada edukasi tentang apa sih kuman-kuman atau virus-virus yang ada di dalam gigi. Selain itu kita ingin menunjukkan pada anak-anak bahwa dalam game edukasi ini juga ada soal-soal yang jawabannya ada di informasi-informasi yang ada di dalam game tersebut maka sebelum bermain game, peserta memang harus membaca informasi tersebut,” terang David.

Lebih lanjut David menjelaskan bahwa dalam game ‘Adventure of Gigi’ ini ada tujuh level dan  di setiap level itu ada macam-macam virus, khususnya dari yang rendah sampai virus-virus  yang berbahaya. Jadi setiap kali bermain game, misalnya stage satu, nanti akan ada dua informasi tentang kuman atau virus yang harus dibaca supaya bisa berhasil main game di stage satu, demikian seterus sampai stage tujuh.

David juga menambahkan bahwa penggunaan game sebagai media edukasi anak memang sudah tepat, karena anak-anak generasi milenial ini sangat akrab dengan game, yang kedua untuk mengubah image negatif yang masih melekat di masyarakat terutama orang tua, bahwa game membuat orang bodoh dan malas. Karena justru sebaliknya lewat lomba game ini kita ingin menunjukkan bahwa game itu bisa membuat orang pintar dan menambah pengetahuan.

Salah satu peserta yang mengikuti lomba game, Gibran Giandaru yang merupakan salah satu siswa kelas II SD PL Don Bosco mengungkapkan kegembiraannya bisa mengikuti lomba game ini. “ Saya baru pertama kali mengikuti lomba game, dan harapan mengikuti lomba game ini bisa menang. Kalau ditanya alasan utamanya ya karena senang main game saja, terutama game-game baru,”jelas Gibran yang game favoritnya football league dunia.

Sementara salah satu orang tua yang mendampingi anaknya selama mengikuti lomba, Enggar Trisanto, juga menyatakan bahwa game juga banyak yang positif  ketika dalam game itu ada muatan edukasi yang bisa dipelajari si anak sambil bermain game. Hal tersebut karena saat anak bermain game juga diajak berpikir dan mendapatkan pengetahuan di luar pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Juara kelompok A : Juara I Mikael, Juara II Fafa dan Juara III Gibran.

 

Juara kelompok B : Juara I Evan, Juara II Samuel dan Juara III Imanuel.

Berikut hasil lomba game ‘Adventure of Gigi’ yang dibagi dalam dua kelompok atau kategori, Juara kelompok A (kelas 1-3 SD) adalah Juara I Mikael, Juara II Fafa dan Juara III Gibran. Sedangkan kelompok B (kelas 4-6 SD), Juara I Evan, Juara II Samuel dan Juara III Imanuel. (fas)

Kategori: ,