FOOD IN Z GENERATION – KOMPETISI PANGAN SISWA SMA/SMK
Kamis, 25 Oktober 2018 | 15:19 WIB

Pemenang Lomba Juara 1 Food Competition Day mendapatkan hadiah tambahan berupa potongan UPP

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata kembali menggelar ‘Food Competition Day’ yang kelima pada tanggal 19-20 Oktober 2018, terdapat 3 macam lomba yaitu English Debate Competition, Research Comptition, dan Short Movie Competition yang ditujukan untuk siswa-siswi SMA/SMK se-Jawa Tengah dan DIY.

Tema ‘Food Competition Day’ (FCD) tahun ini adalah “Food in Z Generation”. Dalam sambutannya Kepala Promosi FTP Unika Stefani Amanda Harmani STP MSc mengungkapkan bahwa tujuan kompetisi ini, FTP Unika Soegijapranata ingin memberikan pelajaran dengan gaya baru yang sesuai untuk anak-anak jaman sekarang (generasi Z). “Ajang kompetisi bertujuan memberikan wadah untuk berekspresi dan berkreasi serta sebagai tempat pembuktian diri bahwa anak-anak zaman sekarang (generasi Z) juga mempunyai kualitas lebih.”

Sedang Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Unika Dr R Probo Yulianto STP MSc menanggapi semangat peserta lomba dengan positif. “Ini sangat luar biasa bila generasi-generasi sekarang nantinya yang akan memimpin kita ke depan. Terutama pada lomba debat, dengan segala keberanian dan kemudaannya serta segala emosi yang meletup-letup ini sesuatu yg hebat untuk membangun bangsa ini, jangan pernah berhenti untuk belajar dan membaca,” ucap Dr Probo.

Final Debate antara SMA Kristen YSKI (tim A) dan SMAN 2 Semarang (tim B)

Sementara Lomba English Debate yang menjadi salah satu jenis kompetisi dalam FCD 2018 dan diselenggarakan selama 2 hari, Jumat dan Sabtu (19/10-20/10), dari hasil penilaian juri, pemenangnya berhasil diraih oleh SMAK YSKI TIM A sebagai Juara 1, SMAN 2 SEMARANG TIM B sebagai juara 2, dan peserta yang berhasil mendapatkan gelar sebagai Best Speaker adalah The, Jessica Verdinado dari SMAK YSKI TIM A.

Pemaparan oleh SMA Kolose De Britto Yogyakarta

Untuk Lomba Riset yang diselenggarakan pada hari kedua atau Sabtu (20/10) di Teater Thomas Aquinas, diikuti oleh 8 tim dari SMAN 15 Semarang, SMA Kolose De Britto Yogyakarta, SMK Theresiana, SMA Kebon Dalem, SMA Theresiana, dan SMA Regina Pacis Solo.

Penilaian lomba riset ini memunculkan tiga pemenang lomba yaitu Juara 1 dengan judul “KISKARIN (Cookies dari Kacang Merah dan Biji Nangka) sebagai Inovasi Camilan Sehat Tinggi Protein Untuk Menanggulangi Gizi Kurang Pada Remaja” oleh SMA Kebon Dalem, sedang Juara 2 dengan judul “Perbandingan Kandungan Nutrisi pada Roti Tawar Setelah Ditambahkan Gandum, Oat, dan Tempe” oleh SMA Kolose De Britto Yogyakarta, dan Juara 3 dengan judul “Blue Setalic Noodle” oleh SMK Theresiana Semarang.

Pada Lomba jenis Short Movie dalam kompetisi FCD 2018 ini diikuti oleh 4 tim dari SMAN Kesatrian 2, SMA Karangturi, SMA Kristen YSKI, dan SMA Theresiana 1. Dan berdasarkan  penilaian juri, pemenang lomba Short Movie diperoleh SMAK YSKI sebagai juara 1, SMA Kesatrian 2 sebagai juara 2, dan SMA Theresiana 1 Semarang sebagai juara favorit.(Tata)

 

Kategori: ,