Visitasi Kinerja Kelembagaan LPPM Unika
Selasa, 25 September 2018 | 17:47 WIB

Sebagai lembaga yang menangani penelitian dan pengabdian masyarakat, LPPM Unika Soegijapranata pada hari Selasa (25/9) telah menerima Visitasi Kinerja Kelembagaan dari DRPM Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan, bertempat di ruang Seminar LPPM, gedung Mikael Unika.

Hadir dalam acara visitasi tersebut adalah Prof. Dr. Karna Wijaya sebagai asesor, dan Dede Sulaiman dari DRPM-Dikti. Sementara dari Unika hadir pula Wakil Rektor I, II dan III serta para pihak yang terkait dengan LPPM Unika.

Dalam sambutannya Ketua LPPM Unika Soegijapranata Dr. Berta Bekti Retnawati, Msi menyampaikan rasa syukur dan penghargaannya kepada asesor terkait visitasi di LPPM Unika.

“Visitasi kinerja penelitian kelembagaan kali ini adalah yang kedua kalinya sejak tahun 2017, dan kami mengucap syukur karena mendapatkan kesempatan ini. Tentu saja kesempatan ini bisa juga sebagai bahan evaluasi serta perbaikan ke depannya. Sebagaimana diketahui bahwa di LPPM itu ada dua dharma yang tentu saja tidak ringan, yaitu dharma pengabdian dan penelitian, yang tentunya ini sangat berpengaruh pada kinerja perguruan tinggi secara keseluruhan. Maka tugas kami di LPPM ini sangat berat tetapi kami melakukannya dengan senang hati, oleh karena dengan evaluasi hasil kinerja ini, akan kami pakai untuk bisa memperbaiki semua yang ada.”

“Kami berharap juga bahwa hasil ini bisa kami pakai  untuk proses perbaikan baik dalam perencanaan, maupun pelaksanaan dan kemampuan kerja yang ada terutama dalam kinerja penelitian. Sehingga harapannya nanti dapat bekerja dengan selalu mengutamakan asas yang kredibel, akuntabel dan tentunya juga dibantu oleh unit-unit yang ada di kampus ini untuk pengembangan kinerja penelitian,”ucapnya.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, di tahun 2018 ini Unika Soegijapranata berada pada ranking 39 dari PTN dan PTS di seluruh Indonesia, tentunya ini adalah satu hasil yang harus kita jaga dan selalu kita tingkatkan. Kami berharap pula bahwa apa yang kami laporkan dalam akreditasi, semua dapat diterima dengan baik, dan apabila ada kekurangannya kami mohon maaf tentunya dan kedepan bisa menjadi perbaikan di masa mendatang,”lanjut Dr. Berta.

Sedangkan Prof. Karna selaku asessor yang bertugas dalam Visitasi Kinerja Kelembagaan LPPM Unika, mengemukakan maksud kunjungannya ke LPPM Unika.

“Pada prinsipnya kehadiran kami di sini adalah ingin melihat bukti fisik dari apa yang bapak atau ibu upload. Selain itu kami juga ingin melihat seberapa jauh implementasi dana yang telah diberikan oleh LPPM kepada para peneliti, terutama yang menyangkut luaran seperti publikasi, HAKI dan sebagainya.”

“Memang sekarang ini tidak hanya peneliti saja yang di monitor dan evaluasi (monev), tetapi juga  kinerja dari para peneliti berkomunikasi dengan LPPM juga perlu dilihat,”tandas Prof Karna. (fas)

Kategori: ,