Soegija Scout Competition Bersihkan Sampah di Bantaran Sungai Tinjomoyo
Selasa, 25 September 2018 | 14:17 WIB

UKM Racana Unika yang telah diresmikan pendiriannya bersamaan dengan pelantikan gugus depannya pada tanggal 29 September tahun 2017 ini, pada hari Jumat hingga Minggu lalu (21/9-23/9) telah mengadakan kegiatan kepramukaan dengan nama “Soegija Scout Competition (SSC)” bertempat di lapangan sekitar kapel Unika Soegijapranata.

Ketua panitia sekaligus ketua racana putri di kegiatan SSC 2018 Selvi Wijaya Putri, menjelaskan kegiatan SSC 2018 yang baru pertama kali diadakan sejak berdirinya.

“Dalam kegiatan yang diikuti oleh perwakilan SMA dan SMK se-Kota Semarang ini, para peserta diajak untuk mengikuti berbagai lomba, antara lain : lomba menggambar tokoh-tokoh Pramuka, lomba pidato tentang isu yang beredar di masyarakat saat ini, dan ada pertemuan tentang kerusakan lingkungan serta lomba teknologi tepat guna yaitu mereka membuat suatu produk dari barang bekas.”

Lebih lanjut, Selvi juga menerangkan tentang kegiatan yang bersifat kelompok maupun individu.

“Dalam pelaksanaan lomba, peserta dibagi menjadi peserta kelompok dan individu. Yang berkelompok terdiri dari dua atau tiga orang, Jenis lombanya seperti misalnya Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP) dan lomba Teknologi Tepat Guna (TTG), sedangkan yang individual ada seperti lomba pidato dan menggambar,” terangnya.

Sementara Andreanto Rahardjo sebagai wakil ketua panitia sekaligus ketua satgas pembentuk racana, menambahkan bahwa selain kegiatan lomba, SSC 2018 juga mengadakan kegiatan bakti lingkungan.

“Kami selain mengadakan kompetisi antar sekolah, kami juga mengadakan kegiatan Bakti Masyarakat berupa susur bersih sungai Tinjomoyo, karena menurut pengamatan kami sungai Tinjomoyo itu cukup banyak sampah yang berserakan di sekitar bantaran sungai itu, oleh karenanya kami dari panitia berinisiatif untuk melakukan sesuatu bagi masyarakat dalam Bakti Masyarakat bersama panitia dan peserta kegiatan,” tutupnya. (fas)

Kategori: ,