Senat Universitas Kristen Maranatha Kunjungi Unika
Jumat, 21 September 2018 | 10:57 WIB

Suatu wujud sinergitas sesuai dengan tema karya Unika Soegijapranata tahun 2018-2019 yaitu Keterlibatan Sinergis, maka pada hari Rabu (19/9) Senat Unika Soegijapranata menerima kunjungan dari Senat  Universitas Kristen Maranatha Bandung yang dilaksanakan di ruang Hijau, Mikael, untuk saling menyinergikan nilai-nilai yang dimiliki oleh kedua perguruan tinggi.

Dalam kunjungan tersebut, Senat  Universitas Kristen Maranatha Bandung diterima oleh Drs. Theodorus Sudimin, MS selaku sekretaris Senat Unika, didampingi beberapa anggota senat lainnya.

Dalam wawancara sebelum acara kunjungan, Drs. Theodorus Sudimin, MS, menyampaikan tentang maksud kunjungan Senat Universitas Kristen Maranatha Bandung ke Unika Soegijapranata.

“Pada intinya makna kunjungan ini adalah untuk berdialog tentang nilai-nilai akademik, etika dan keorganisasian. Dan dalam kunjungan ini yang akan kita bagikan adalah soal bagaimana nilai-nilai universitas itu kita hidupi, kita olah dalam berbagai kegiatan termasuk juga ada unit-unit yang memang dipercaya khusus untuk mengolah nilai dan mengimplementasikan nilai itu seperti The Soegijapranata Institute (TSI) dan Campus Ministry,” terangnya.

“Lalu secara umum kepada mereka akan kita perkenalkan senat universitas kita, setelah itu baru masuk ke problem-problem yang memang ingin mereka gali dan sebenarnya struktur senat kita pun sudah menggambarkan implementasi dan pengolahan nilai-nilai universitas, oleh karena itu saya kira malah ini tidak hanya Universitas Kristen Maranatha yang studi banding kepada kita tetapi studi banding itu selalu menjadi media untuk saling belajar sehingga kita bisa belajar dari Universitas Kristen Maranatha bagaimana mereka menggali dan menghidupi nilai-nilai serta mengimplementasikan nilai-nilai itu termasuk juga dalam bagaimana memperkokoh budaya organisasi universitas sehingga ke depan menjadi universitas yang jelas identitasnya,”lanjut Theo Sudimin.

Menanggapi paparan yang disampaikan oleh Drs. Theodorus Sudimin, MS, salah satu senat Universitas Kristen Maranatha, Pdt. Yohanes Bambang Mulyono mengungkapkan adanya kesamaan antara Unika Soegijapranata dengan Universitas Kristen Maranatha.

“Menurut saya ada nilai-nilai yang sama yang dimiliki antara dua perguruan tinggi ini, hanya kalau di Unika Soegijapranata itu di inspirasi dari Mgr. Soegijapranata dalam nilai-nilai katolik, begitu juga jika di Universitas Kristen Maranatha ada juga namanya nilai hidup Kristen yaitu Integrity, Care dan Excellent. Lalu yang kedua adalah bagaimana menyikapi khususnya di dalam membangun suatu organisasi yang solid. Jadi kalau di Unika Soegijapranata cukup solid sehingga nilai Katolik itu tidak boleh ditoleransi pada batas yang sudah tidak bisa diterima misalnya di dalam penggunaan simbol-simbol keagamaan. Saya kira itu yang cukup menonjol di dalam Unika Soegijapranata,” tandasnya. (fas)

Kategori: ,