Sambut Mahasiswa Baru, Unika Hadirkan Adera Dalam Malam Budayanya
Sabtu, 1 September 2018 | 15:42 WIB

Sebuah acara untuk menyambut mahasiswa baru Unika Soegijapranata telah digelar pada hari Jumat (31/8), bertempat di plaza Albertus, kampus Unika.

Acara yang sering disebut Soegijapranata Culture and Arts atau ‘Soerats’ ini merupakan event tahunan yang sudah diselenggarakan untuk ketiga kalinya.

Dr. V. Kristina Ananingsih, ST., M.Sc. selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Unika Soegijapranata mengungkapkan bahwa penyelenggaraan acara Soerats ini menjadi ajang penyambutan mahasiswa baru oleh kakak kelasnya.

“Latar belakang diselenggarakannya acara ‘Soerats’ itu yang pertama : mahasiswa Unika punya latar belakang keberagaman yang nanti ingin kita satukan supaya keberagaman itu tidak jadi penghalang ketika belajar di Unika, terutama untuk mahasiswa baru yang berasal dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Kemudian yang kedua : para mahasiswa ini juga punya religi atau kepercayaan yang berbeda, disitulah awalnya mahasiswa itu bisa merasakan kebersamaan atau kekeluargaan yang akhirnya nanti bisa menyemangati kalau sudah kuliah,”terang Dr. Kristina.

“Semua acara ini diorganisir oleh kakak kelas mereka yang memang sudah berada disini dan merasakan itu, sehingga acara ‘Soerats’ dan Malam Budaya ini merupakan wujud ekspresi para mahasiswa yang menemukan Unika sebagai rumah mereka dan mendapatkan teman yang sebenarnya,”lanjutnya.

Dr. Kristina juga menjelaskan bahwa acara ‘Soerats’ dan Malam Budaya ini juga merupakan event penyambutan mahasiswa baru atau welcome party, artinya kakak kelasnya menyambut kehadiran adik kelasnya, dan cara penyampaiannya dalam bentuk seni sesuai dengan bakatnya masing-masing. UKM-UKM yang memang ada kaitannya dengan seni juga ikut terlibat dalam acara ini, termasuk diantaranya UKM Kembang Taru, Orchestra, Gratia dan drama Lautan Merah. Jadi harapannya acara ini bisa menjadi malam budaya dan malam keakraban antar mahasiswa terutama mahasiswa baru.

Berani Muncul Ke Permukaan

Dalam acara ‘Soerats’ ini juga menghadirkan penyanyi yang bergenre Jazz dan pop yaitu Adera, untuk menghibur dan menyemarakkan suasana welcome party mahasiswa baru Unika.

Dalam wawancara singkat saat ditemui Adera mengungkapkan apresiasinya untuk mahasiswa Unika atas semangat kebersamaan dalam Malam Budaya yang dikemas dalam acara ‘Soerats’.

“Tadi saya sempat lihat para mahasiswanya apresiatif banget sama budaya dan musik, mudah-mudahan acara seperti ini ke depannya bisa terus diadakan. Setiap orang punya hak buat menampilkan sesuatu talenta yang dia punya dan masalahnya berani atau tidak. Di sini kan dicek juga keberanian dia untuk muncul ke permukaan, kadang-kadang ada yang nggak berani, kadang-kadang ada yang nggak dapat kesempatan, kadang-kadang kurang hoki. Mudah-mudahan kesempatan-kesempatan seperti ini bisa dimanfaatkan sama orang-orang yang pas,” ucap Adera.

“Saran saya untuk yang sedang mengembangkan talenta, berani aja muncul ke permukaan dan jangan takut untuk memperdengarkan sesuatu yang sebenarnya kita keep sendiri tadinya,” jelas Adera. (fas)

Kategori: ,