Pengguna Internet Terkonsentrasi di Jawa
Senin, 10 September 2018 | 10:39 WIB

SM 8_9_2018 Pengguna Internet Terkonsentrasi di Jawa

Sekitar 132.700.000 penduduk Indonesia merupakan pengguna internet. Mereka terkonsentrasi di Jawa, yakni mencapai 86.339.350 orang. ”Jumlah pengguna internet yang sangat besar ini menjadi pangsa pasar bagi produk dan jasa. Pada era digital seperti sekarang ini harus dimanfaatkan secara positif,” kata Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ridwan Sanjaya saat mengisi Kuliah Umum ”Era Ekonomi Digital, Peluang dan Tantangan bagi Mahasiswa” di Kampus Unisbank, Kendeng, belum lama ini.

Dikatakannya, dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025, kewirausahaan dan ekonomi kreatif masuk dalam 10 sektor utama di Indonesia.

Pengiriman JNE meningkat 30% dan ini Kontribusi terbesar dari pengiriman toko online. Selain itu lebih dari 400% transaksi dilakukan nasabah Bank BTN menggunakan sistem online. Ke depannya, regulasi pajak toko online diprediksi segera selesai. Pedagang di toko online akan dikenai pajak final 0,5%. Rektor Unika memberikan motivasi kepada mahasiswa baru Unisbank Semarang untuk memanfaatkan peluang. Khususnya era digital seperti sekarang ini. Berbagai jenis bisnis sangat mungkin dilakukan oleh mahasiswa mulai dari e-commerce, game, musik, pembuat film, guru atau tutor online, ataupun menulis online. Tidak kalah penting adalah membangun kerja sama dan kolaborasi keahlian untuk hasil yang lebih optimal.

Suara Merdeka 8 September 2018 hal 19, https://www.suaramerdeka.com

Kategori: ,