Jurnal Psikodimensia Unika Masuk SINTA 4
Sabtu, 1 September 2018 | 13:12 WIB

Dengan Keputusan Direktur Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan surat nomor 21/E/KTP/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018, dalam salah satu lampirannya tercantum Jurnal Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata yaitu Psikodimensia : Kajian Ilmiah Psikologi dalam peringkat atau SINTA 4 dengan no ISSN 25796321.

SINTA yang merupakan kepanjangan dari Science and Technology Index merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti atau penulis atau author, kinerja jurnal, kinerja institusi Iptek.
Dengan masuknya Psikodimensia dalam SINTA 4 maka jurnal Psikodimensia yang awalnya tidak terakreditasi, sekarang dapat mencapai level SINTA 4.

Menanggapi itu manajer tim redaksi jurnal Psikodimensia Dr. Y. Bagus Wismanto, M.S mengungkapkan rasa syukurnya dengan capaian yang sudah diraih, walaupun hasil tersebut diharapkan masih bisa ditingkatkan menjadi level SINTA 2.

“Kami bersyukur karena dalam satu setengah tahun ini kami dari tim Psikodimensia dapat mencapai level SINTA 4, memang itu belum prestasi yang membanggakan dan memuaskan bagi kami, karena kami berharap naik tingkat atau levelnya paling tidak SINTA 2 sehingga dengan begitu juga mengangkat fakultas dan memberikan kontribusi yang cukup berarti. Namun demikian kami bersyukur karena jurnal Psikodimensia yang awalnya tidak terakreditasi, sekarang dapat mencapai level SINTA 4,” tutur Dr. Bagus Wismanto.

“Untuk naik peringkat, kami harus sepenuhnya melakukan online journal. Jadi semua komunikasi, semua submisi naskah itu juga harus melalui online karena beberapa author itu masih belum memasukkan naskah melalui online tapi melalui email biasa. Dan cara submisi melalui online belum diketahui oleh semua dosen di Indonesia, jadi hanya mereka yang memperhatikan masalah publikasi itu mengerti, tapi yang tidak paham dengan publikasi mereka tidak tahu sama sekali tentang bagaimana submisi mengirimkan tulisan melalui online, jadi memang harus ada sosialisasi juga tentang bagaimana mengirimkan naskah melalui online,” sambung Dr. Bagus.

Penulis dari Luar Unika

Sementara itu salah satu tim redaksi Jurnal Psikodimensia Drs. George Hardjanto, M.Si juga menyampaikan tentang proses pengajuan akreditasi jurnal Psikodimensia hingga masuk peringkat 4.

“Sekarang kan tuntutannya jurnal itu jadi online, dan sebenarnya sudah lama kami berusaha untuk bisa mengakreditasi jurnal Psikodemensia ini tapi dulu masih zaman jurnal cetak itu banyak kendala-kendala yang kami hadapi sehingga sekarang ketika beralih ke jurnal online ya sudah kita alihkan ke jurnal online saja,  selanjutnya kemarin itu kita coba untuk diakreditasikan kok ternyata bisa masuk dan langsung dapat peringkat 4,” ucapnya.

“ Memang pada awalnya di Psikodimensia ini penulisnya lebih banyak orang dalam Unika, tapi kemudian setelah cukup dikenal oleh banyak pihak, maka banyak penulis-penulis dari luar Unika yang masuk. Ini yang mungkin membuat akreditasinya menjadi masuk peringkat 4,” tambahnya.

“Maka saya berharap dengan masuknya jurnal Psikodimensia di peringkat 4 sehingga makin banyak dikenal penulis dari luar Unika, maka semakin banyak pula penulis yang masuk sehingga kita lebih bisa menyeleksi,” tutupnya. (fas)

Kategori: ,