FIKOM Unika Hadirkan Praktisi Open Source di Kuliah Umumnya
Jumat, 14 September 2018 | 19:29 WIB

Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Unika Soegijapranata mengawali perkuliahan tahun akademik 2018 – 2019, dengan mengadakan Kuliah Umum yang menghadirkan Julyanto Sutandang selaku Chief Executive Officer PT Equnix Business Solutions.

Acara yang dilaksanakan pada Rabu (12/9) di ruang 5.2 Gedung Henricus Constance ini dihadiri oleh para mahasiswa dari dua prodi yaitu prodi Teknik Informatika dan prodi Sistem Informasi.

Dalam penjelasannya, Shinta Estri Wahyuningrum, S.Si.,M.Cs sebagai dosen pengampu di Fakultas Ilmu Komputer, menerangkan tentang kegiatan kuliah umum tersebut.

“Ceritanya mereka (PT Equnix Business Solutions ) mau mengadakan roadshow di beberapa Universitas lingkup Semarang dan Solo. Kami ditawari proposal dalam bentuk proposal bantuan untuk dipresentasikan di dunia kerja dan kebetulan prodi Teknik Informatika sendiri dalam perkuliahan itu kan menggunakan open source general, bahwa kita menerima Ini sebagai tambahan wawasan untuk mahasiswa. Jadi selain secara teoritis mereka juga mendapat di perkuliahan secara aplikatif supaya nanti di dunia kerja mereka punya gambarannya,” jelas Shinta.

Sedangkan Julyanto Sutandang dalam paparannya menjelaskan tentang kemanfaatan dan kelebihan open source, “Dalam kuliah kita akan mensosialisasikan kepada para mahasiswa mengenai pentingnya penguasaan kita terhadap open source bisnis agar kita dapat memberikan solusi kepada dunia bisnis dalam negeri dan mungkin juga di luar negeri jika kita bisa mendapatkan kemandirian bangsa dalam hal yaitu resources IT technology,” ungkap Julyanto.

Open source dimaksud adalah software yang bisa kita gunakan sebagai bagian dari solusi, dimana itu adalah software yang dipergunakan di hampir setiap industri bisnis di seluruh dunia. Dengan menggunakan open source kita bisa menghindari software lisensi yang mahal, dan yang utama kita memiliki kontrol sebagai  pengamanan terhadap data kita. Dengan open source kita tahu apa yang kita pakai dan kuasai demikian juga dari sisi cost lebih murah,” tandas Julyanto.  (Fas)

Kategori: ,