Enjoy the Process
Jumat, 14 September 2018 | 14:22 WIB

Memiliki rasa ingin tahu yang besar diikuti oleh motivasi yang besar membuat dr.Linda Artanti, Sp. GK, SH, MH(Kes) memutuskan untuk melanjutkan studi di progam studi Magister Hukum konsentrasi Hukum Kesehatan. Linda berhasil menjadi wisudawati terbaik periode ini dengan judul tesis “Pengaruh Kebijakan Pelayanan Gizi terhadap Perlindungan Hak Pasien di Rumah Sakit di Kota Semarang”. Putri pasangan (Alm) Bpk. Sambudi Adhi Sumarto dan Ibu Trifosa Eliana ini menemukan judul tesis saat sedang praktik di Rumah Sakit dan melihat respon pasien terhadap pelayanan gizi yang telah di berikan pihak Rumah Sakit.

“Respon mereka ada yang legawa menerima semua yang dihidangkan, tetapi ada pula yang marah atau mengeluh, serta ada yang cenderung cuek dan akhirnya makanan yang tersedia sebagian sering tidak dimakan atau malah dihabiskan oleh keluarga yang mendampingi pasien. Saya tertarik dengan judul tesis ini karena dengan pelayanan gizi yang sesuai standar dengan adanya kebijakan yang mengaturnya akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan pasien sehingga memberikan nilai positif bagi Rumah Sakit tersebut,” tutur Linda.

Sebagai seorang ibu dan dokter, tantangan saat menulis tesis yang harus dihadapi Linda adalah membagi waktu antara praktik, keluarga, belajar, serta menulis tesis. Literatur yang dibutuhkan dalam penulisan tesis Linda tidak sulit ditemukan. Meskipun ada beberapa kendala terkait jadwal bimbingan dengan dosen pembimbing, namun kendala tersebut dapat diatasi. Saat pengumpulan data, penelitian dilakukan di beberapa Rumah Sakit sehingga memakan waktu yang cukup lama dan energi yang cukup besar karena lokasinya berjauhan. Tetapi setelah melalui beberapa kendala tersebut, Linda dapat melakukan pengolahan data tanpa memiliki kendala berarti.

Motivasi dapat menggerakkan seseorang untuk melakukan pekerjaan, tanggung jawab, atau tugas dengan lebih baik. Selama masa studinya, Linda juga mengalami rasa jenuh dan capek. Tetapi ia dapat mengatasinya dengan jalan-jalan atau menikmati liburan selama akhir pecan tanpa menyentuh buku, sehingga dapat memiliki waktu yang berkualitas dengan diri sendiri maupun keluarga. Jika ia merasa lelah atau tidak dalam suasana hati yang baik, ia akan beristirahat lebih awal sehingga dapat menjadi lebih baik keesokan harinya.

“Motivasi terbesar saya selama kuliah adalah mendapatkan ilmu dari para dosen dan menemukan jawaban dari berbagai pertanyaan yang ada dalam pikiran saya selama ini terkait ilmu kesehatan. Saya semangat belajar tentang hukum kesehatan karena jujur banyak dokter bahkan tidak hanya dokter yang mengerti tentang ilmu hukum.”

Menjalani studi Magister Hukum di Unika Soegijapranata menjadi salah satu proses yang menghasilkan perubahan positif dalam diri Linda. Ia belajar tentang kekompakan dan kerjasama yang baik dalam tim. Setiap konflik yang terjadi dapat diatasi dengan rasa saling pengertian. Pembelajaran tersebut ia dapatkan terutama saat mengadakan seminar maupun mengikuti studi banding. Semua persiapan dilakukan dalam waktu yang singkat, tetapi kerjasama yang baik membuat hasil akhir yang mengesankan.

Setelah menyelesaikan studinya dan menjadi wisudawati terbaik program studi Magister Hukum, Linda mengucapkan puji syukur dan terimakasih untuk orang-orang yang senantiasa mendukungnya dan memberinya semangat baru dalam berproses dalam waktu yang tidak singkat selama masa studinya.

“Pertama, saya hendak mengucapkan puji syukur dan terimakasih pada Tuhan Yesus Kristus yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan hidup untuk bisa kuliah dan menjadi berkat bagi orang lain terutama orang sekeliling saya. Kedua untuk orangtua saya tercinta atas semangat, dukungan, dan doa dari mereka. Ketiga untuk suami dan anak saya tercinta yang terus mendukung saya dalam melanjutkan studi lebih tinggi. Keempat untuk kakak dan adik saya tersayang yang terus membantu dalam semangat dan dukungannya. Kelima untuk teman-teman dekat saya yang terus membantu selama saya menempuh pendidikan. Keenam untuk semua dosen yang telah berbagi ilmu dan pengalamannya sehingga dapat menjadi bekal untuk saya. Terakhir untuk orang-orang yang mendukung dan membantu saya selama menempuh pendidikan di Unika ini,” ujar Linda.

Sebagai penutup, Linda Artanti menyampaikan pesan untuk teman-teman yang masih menjalankan masa studi di bangku perkuliahan. Ketika mengerjakan sesuatu, lakukanlah yang terbaik, terus kembangkan kreativitas dan inisiatif serta jangan pernah lupa untuk berdoa. Belajarlah sungguh-sungguh serta fokus pada tujuan dan mimpi yang tidak semua orang bisa memiliki kesempatan untuk menuntut ilmu di bangku kuliah.

“Jangan pernah takut salah atau gagal, baik dalam relasi maupun pembelajaran karena hal tersebut merupakan ‘proses’ yang membangun mental kita. Kesuksesan ada di tangan kita masing-masing. It’s your choice. Jika kita setia pada perkara kecil, Tuhan akan mempercayakan perkara yang lebih besar pada hidup kita,” tutup Linda. (SF)

Kategori: ,