Unika Tutup Acara PTMB 2018 Dengan Meriah
Kamis, 16 Agustus 2018 | 20:57 WIB

Setelah berdinamika selama kurang lebih dua sampai tiga hari dalam kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) tahun 2018, maka pada Kamis Sore (16/8), bertempat di selasar gedung Albertus, para mahasiswa baru Unika Soegijapranata menutup kegiatannya dengan upacara penutupan yang dimeriahkan dengan tampilan yel-yel dan gerakkan kreatif bersama antar fakultas di lingkungan kampus Unika.

Turut menyaksikan dalam acara penutupan PTMB ini, Rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC beserta jajarannya, para dosen dan mahasiswa serta seluruh panitia PTMB 2018.

Dalam penjelasannya, Rektor Unika menerangkan tujuan pelaksanaan kegiatan PTMB di lingkungan kampus Unika Soegijapranata. “Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru bertujuan untuk mengenalkan para mahasiswa baru pada kehidupan kampus, sekaligus mereka juga tahu apa saja yang harus mereka persiapkan pada saat kuliah nanti. Dalam sekitar dua sampai tiga hari ini, mereka selain berkumpul untuk mengetahui apa saja yang nantinya harus mereka persiapkan, mereka juga melakukan interaksi kemudian juga menghasilkan kreasi-kreasi yang inovatif, sehingga apa ditampilkan pada hari ini berupa yel-yel adalah wujud suatu kekompakan itu yang merupakan hasil dari mereka berkumpul, dan saling menghasilkan kreasi,”terang Prof. Ridwan.

“Untuk tahun akademik 2018-2019, jumlah mahasiswa baru untuk Strata 1 (S-1) di Unika Soegijapranata mencapai sekitar 1.910. Tapi nanti akan ada tambahan dari mahasiswa S-2 yang belum selesai pendaftarannya,”ucap Prof. Ridwan.

PTMB Award

Kemudian lanjut Prof. Ridwan, acara penutupan PTMB ini juga akan diisi dengan penganugerahan PTMB Award yang meliputi dua jenis. Yang pertama adalah penghargaan kepada fakultas yang menyelenggarakan PTMB dengan baik, arti baik disini berarti kreatif, menarik dan tidak ada kekerasan. Sedangkan penghargaan yang kedua adalah untuk memberikan penghargaan kepada organisasi mahasiswa yang mempromosikan unit kegiatannya dengan menarik sehingga membuat mahasiswa baru itu tertarik untuk berorganisasi di unit kegiatannya.

Dari sisi variasi kegiatan PTMB sekarang dengan sebelumnya tidak terlalu banyak berubah, tapi dari sisi kualitas pelaksanaannya meningkat. Memang dalam PTMB ini pelaksanaannya banyak didesain oleh universitas, bahkan termasuk juga memastikan bahwa mahasiswa baru tersebut tidak mengkonsumsi narkoba.

Stop Phubbing If You Care

“PTMB tahun ini mengusung tema “Stop Phubbing If You Care”. Phubbing adalah istilah baru yang diciptakan bagi orang yang tidak peduli terhadap orang lain, gara-gara ketergantungan pada gadget. Artinya  bahwa Unika Soegijapranata itu dengan berbagai inovasinya, bahkan dengan berbasis teknologi itu menekankan kepada para mahasiswa bahwa penggunaan teknologi atau gadget itu ada proporsinya,” tegas Prof. Ridwan.

Di pertengahan acara penutupan disuguhkan pula tari kreasi baru yang diberi nama “tari pesisiran” yang diperagakan oleh dua penari dari UKM Kembang Taru yang merupakan salah satu UKM di Unika. Mereka adalah Susanti Aji Meiyani dari Prodi Manajemen FEB Unika dan Anisa Fatriani proi Ilmu Hukum FHK Unika. Serta tampilan dari UPT Campus Ministry (CM) yang menyuguhkan beberapa buah lagu dengan diiringi alunan Saxophone oleh Romo Aloysius Budi Purnomo, Pr. (fas)

Kategori: ,