PTMB PSIKOLOGI AJAK MAHASISWA BARU BERDINAMIKA DAN BERSINERGI
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 8:05 WIB

Terhitung sejak tanggal 14 hingga 16 Agustus, Unika Soegijapranata mempunyai gawe besar untuk membantu mahasiswa baru dalam melakukan adaptasi pada situasi yang baru di dunika Perkuliahan. Tak tinggal diam, Fakultas Psikologi juga ikut ambil didalamnya sejak hari rabu hingga kamis (15-16/08) yang berpusat di markas andalannya, yaitu gedung Antonius dan tak kurang sebanyak 296 mahasiswa baru Fakultas ini terlibat didalamnya.

“Dengan tema karya saat ini yaitu keterlibatan sinergis, kami mengajak para mahasiswa baru secara bersama-sama untuk berdinamika dan mengenal fakultasnya lebih dekat. Maka melalui beberapa sesi yang akan dilakukan diharapkan mahasiswa baru semakin bisa kenal dan menyesuaikan diri secepat mungkin di Psikologi ini. Berbeda dari tahun sebelumnya, dalam salah satu pertugasan yang diberikan, mahasiswa baru diminta untuk membuat kata semangat dan diberikan kepada panitia PTMB, dosen/karyawan kemudian pemberian semangat tersebut dibuktikan dengan foto yang harus dicetak hingga pada akhirnya akan dipajang sebagai bentuk mereka berpartisipasi untuk peduli dan mengenal keluarga barunya,” ungkap Rosario Berlian selaku Ketua PTMB 2018.

The 1st PTMB Award

Selain memberikan penugasan yang menarik bagi mahasiswa baru, Panitia PTMB Fakultas Psikologi telah mengemas acaranya semenarik mungkin dan tidak membuat mahasiswa baru bosan bahkan mereka bisa menikmati apa yang telah dipersiapkan oleh panitia, alhasil dalam upacara penutupan PTMB, Fakultas Psikologi berhasil meraih penghargaan The 1st PTMB Award.

Pada sesi Psychology in Action (PIA), mahasiswa baru diberikan 3 permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat dan diminta untuk membuat prototype alat yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, selain itu mahasiswa baru harus mengambil akar penyelesaian dari artikel jurnal yang telah dibawa.

“Tak berhenti di PIA saja, kami juga mengajak mahasiswa baru untuk mengenal psikologi lebih dalam melalui sesi Psycopath. Dalam sesi ini mahasiswa diajak untuk mengenal alat tes neuropsikologi, 3 aliran besar yang ada di Psikologi, berbagai ruangan yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa selama berkuliah, dan tak kalah menarik yaitu ada dinamika bersama Sunrice yang merupakan salah satu UKM di Fakultas Psikologi dengan fun games bersama,” tutup Rio.

PTMB di Psikologi sudah tidak lagi menggunakan keamanan sebagai sarana untuk membuat mahasiswa baru menaati segala peraturan dengan cara kekerasan. Nama divisi keamananpun diganti menjadi divisi Self Awareness Guide (SAG) yang lebih humanis dan bersahabat, apabila ada mahasiswa baru yang melanggar peraturan akan diberikan konsekuensi berupa menuliskan refleksi atas pelanggaran yang telah dilakukan dan cara mengatasi agar tidak lagi melakukan pelanggaran. (Ign)

Kategori: ,