PROGRAM DOKTOR ILMU LINGKUNGAN UNIKA UNDANG DUA AHLI DARI OPEN UNIVERSITY – BELANDA
Jumat, 24 Agustus 2018 | 17:00 WIB

Program Doktor Ilmu Lingkungan  Unika Soegijapranata pada hari Jumat (24/8) mengadakan International Workshop Series untuk para mahasiswa dan dosen Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL).

Topik yang dibahas dalam workshop yang dilaksanakan di ruang seminar PDIL tersebut adalah “Introduction to Pollution Studies and DPSIR Framework in Environmental Management“. Dan mengundang dua narasumber dari Open University, Belanda yaitu Dr Frank Van Balleghem dan Dr Ansje Lohr.

Dalam sesi wawancara dengan dua narasumber, Dr Ansje Lohr mengungkapkan kegembiraannya bisa kembali datang ke Indonesia, tempat dia pernah menyelesaikan S3 nya dan bisa berbagi pengetahuan dengan para mahasiswa S3 PDIL Unika.

“Saya dulu juga menyelesaikan studi  S3 saya di Indonesia dengan promotor Prof. Dr. Y Budi Widianarko, M.Sc yang merupakan salah satu dosen Program Doktor Ilmu Lingkungan Unika Soegijapranata. Dan saat ini dengan senang hati kami akan berbagi pengetahuan tentang riset kepada para mahasiswa Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Unika Soegijapranata. Concern bidang saya adalah Ilmu Lingkungan dan kami akan berbagi tentang problem-problem yang dihadapi dalam studi ilmu lingkungan dan mencari solusi-solusinya dimasa yang akan datang, “ungkap Dr. Ansje Lohr.

“Selama hampir enam tahun lebih kita bekerja sama dengan Unika Soegijapranata untuk  melakukan riset tentang polusi plastik yang juga menjadi bagian dari masalah dunia,” Imbuhnya.

Sementara Dr. Frank Van Balleghem juga akan membagikan pengalamannya baik dalam riset maupun publikasi tentang lingkungan supaya  para mahasiswa S3 PDIL Unika juga akan dapat menimba pengalaman dan pengetahuan tentang  Ilmu Lingkungan.

“Topik utama kita selama kita bekerja sama dengan Unika adalah polusi plastik. Salah satunya adalah seberapa besar kerugian yang ditimbulkan dari polusi tersebut. Selain itu kita ingin pula melihat stake holder mana saja yang terkait dengan polusi ini, dan mencoba mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah polusi tersebut,” Jelas Dr. Frank.

“ Kami juga mencoba menggali tentang efek apa saja yang ditimbulkan oleh sampah mikro plastik bagi kesehatan manusia yang berkaitan pula dengan sampah plastik di laut, sehingga kita juga akan berbagi metode-metode apa yang bisa kami gunakan untuk mencegah dan mengurangi sampah plastik,”terang Frank.

“Selain riset untuk menemukan akar permasalahan juga akan mencari solusi, dengan harapan solusi yang bersifat kontruktif terkait perilaku hidup manusia dan sampah ini bisa memberi dampak menjadi lebih baik. Selain itu riset yang terintegrasi dengan pendekatan multi disiplin ilmu ini juga akan kami sampaikan kepada para mahasiswa S3 PDIL Unika yang sedang mempersiapkan proposal disertasinya,”tutupnya.(fas)

Kategori: ,