Prof Ridwan: Menyelesaikan Studi Butuh Daya Tahan
Rabu, 15 Agustus 2018 | 7:57 WIB

Kunci sukses mahasiswa dalam menyelesaikan studi sarjana selama tiga sampai empat tahun atau untuk mahasiswa diploma tiga dua setengah sampai tiga tahun, dibutuhkan grit. Rektor Unika Soegijapranata, Prof Ridwan Sanjaya menyatakan, untuk mencapai grit tersebut setiap mahasiswa dibutuhkan endurance atau ketahanan.

“Saya mengutip pernyataan Angela Lee Duckworth dari University Pennsylvania, kalau ingin sukses, kalau ingin menyelesaikan studi atau pekerjaan dalam jangka waktu yang panjang dibutuhkan satu ketekunan, satu semangat, kerja keras dan stamina yang tidak bisa diraih dalam jangka waktu yang pendek,” kata Prof Ridwan,  dalam upacara pembukaan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) Unika Soegijapranata di Lapangan Albertus kampus setempat, Selasa (14/8).

Perjalanan yang panjang, dibutuhkan bukan seperti lari jarak pendek tetapi seperti lari marathon yang harus diatur stamina dan nafasnya. Sehingga pada satu titik kelulusan mereka bisa menyelesaikan dengan baik dan tepat waktu. Jangan sampai mahasiswa tidak bisa mengatur ritme, baru satu sampai dengan dua tahun sudah terengah-engah, sehingga enggan menyelesaikan studi.

Selain memberikan pesan kepada mahasiswa, Rektor dan Civitas Unika Soegijapranata memberikan pesan kepada seluruh masyarakat bahwa kampus tersebut merupakan representasi dari Indonesia atau lebih tepatnya Indonesia mini. Hal ini ditunjukkan dengan penyematan pin Unika Soegijapranata kepada mahasiswa yang berasal dari ujung barat sampai ujung timur dan ujung utara sampai ujung selatan Indonesia.

Mahasiswa baru Unika Soegijapranata yang berjumlah 1910 orang ini, akan mengikuti PTMB dari 14 Agustus sampai dengan 16 Agustus 2018 mendatang.

image

https://www.suaramerdeka.com, https://www.suaramerdeka.com

Kategori: