PEKSIMIDA JATENG KEMBALI DIADAKAN DI UNIKA
Selasa, 21 Agustus 2018 | 9:49 WIB

Unika Soegijapranata kembali dipercaya oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jawa Tengah untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Peksimida (Pekan Seni Mahasiswa Daerah) Jawa Tengah untuk bidang Vokal Group pada tahun 2018 yang bertempat di Auditorium Gd. Albertus lantai 3 hari Sabtu (18/8). Tak kurang sebanyak 20 tim dari berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Tengah turut menyemarakkan kompetisi tahunan ini.

Dalam sambutan pembuka Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., EIC menuturkan ucapan terimakasih atas dipercayanya Unika untuk menjadi tuan rumah dalam kompetisi bergengsi ini,

“Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta di Unika Soegijapranata, mungkin bukan yang pertama dan sudah beberapa kali penyelenggaran peksimida disini. Peksimida sudah menjadi salah satu benchmark yang bergengsi bagi para pelaku vokal grup yang ada di Jawa Tengah, bahkan ketika sudah masuk ke Peksiminas. Saya mengucapkan terima kasih kepada BPSMI Jateng yang sudah kembali mempercayakan Unika untuk menjadi tuan rumah Peksimida bidang Vokal Grup.”

Peksimida ini menjadi event tahunan bagi BPSMI dan puncaknya adalah pada Peksiminas yang nantinya akan berlangsung di Yogyakarta. Peksimida di Unika Soegijapranata merupakan peksimida dengan total peserta terbanyak sepanjang pelaksanaan peksimida di Jawa Tengah dengan total 20 Perguruan Tinggi di seluruh Jateng.

Prof. Ridwan Berpesan meskipun Peksimida menjadi ajang kompetisi, namun juga bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi dan bersahabat serta membangun relasi sehingga siapapun yang menang nanti bisa saling mendukung sampai Peksiminas nanti,

“Kami berharap melalui ajang Peksimida ini selain berkompetisi, kita juga bisa membangun relasi agar dapat mendukung siapapun yang nanti akan maju dalam peksiminas. Melalui tema yang diangkat dalam Peksimida ini sangat sesuai yaitu keberagaman budaya kreatif dan inovatif yang mengacu pada tradisi dengan mempertimbangkan kaidah etis dan estetis, karena memang semakin lama budaya yang utamanya adalah seni itu semakin dilupakan oleh generasi muda. Namun dengan adanya Peksimida dapat meneruskan budaya-budaya yang sudah ada kepada generasi muda untuk semakin mempromosikan kebudayaan agar dapat meningkat.”

Berikut adalah hasil Peksimida (Pekan Seni Mahasiswa Daerah) Jawa Tengah untuk bidang Vokal Group pada tahun 2018, Juara I : Universitas Kristen Satya Wacana, Juara II : Universitas Sebelas Maret, Juara III : Unika Soegijapranata, Juara Harapan I : Universitas Semarang, dan Juara Harapan II : Universitas Muhammadiyah Purwokerto.  (Ign)

Kategori: ,