Misa Konselebrasi Pembukaan Tahun Akademik 2018-2019 Unika
Selasa, 28 Agustus 2018 | 16:26 WIB

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Unika Soegijapranata setiap mengawali perkuliahan satu tahun akademik selalu mengadakan Misa Ekaristi. Dan dalam rangka tersebut, maka pada hari Jumat lalu (24/8) bertempat di Kapel St. Ignatius, telah diselenggarakan Misa Konselebrasi Pembukaan Tahun Akademik 2018/2019 Unika Soegijapranata, dengan Selebran Utama Romo Aloysius Budi Purnomo, Pr.

Sebelum homili, Romo Aloysius Budi berkesempatan memperkenalkan para romo yang studi lanjut di Unika Soegijapranata. Para romo tersebut adalah Romo Dominicus Deddy OFM, Cap., Romo Karni Domam SVD, dan Romo Irminus Sabinus Liko, OCD.

Lebih lanjut Romo Aloysius Budi juga menguraikan tentang spirit Mgr. Albertus Soegijapranata 100 % katolik 100 % Indonesia yang biasanya digunakan setiap memperingati hari kemerdekaan Indonesia oleh gereja katolik di Indonesia.

“Spirit 100% Katolik 100% Indonesia dasar alkitabiahnya diambil dari Injil yang setiap tanggal 17 Agustus liturgi gereja Katolik menyelenggarakan liturgi khusus kebangsaan, dan hari raya itu disamakan dengan hari  Minggu. Namun karena pada tanggal tersebut ada upacara di Unika dan kebetulan tanggal merah, maka baru sekarang diadakan Misa dengan intensi khusus untuk kebangsaan,” ucap Romo Budi.

“100% Katolik 100% Indonesia diambil dari Injil, ‘Berikanlah kepada Allah, apa yang menjadi hak Allah (100 % Katolik), dan berikanlah kepada kaisar apa yang menjadi hak kaisar (100 % Indonesia). Itu kurang lebih jabarannya tentang semangat Mgr. Soegijapranata yang bersumber dari Injil,” terang Romo Budi.

Diakhir homili, Romo Budi mengajak umat yang hadir untuk bisa memperjuangkan keadilan, dan memberikan yang utama kepada Allah yang menjadi sumber keadilan. (fas)

Kategori: ,