Hadirkan Tenaga Ahli IT Keuskupan Agung Semarang
Kamis, 23 Agustus 2018 | 12:21 WIB

SM 23_08_2018 Hadirkan Tenaga Ahli IT Keuskupan Agung Semarang■ Kuliah Perdana Fikom Unika

SEMARANG- Kuliah umum perdana Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Unika Soegijapranata tahun akademik 2018/2019 menghadirkan tenaga ahli teknologi informasi (TI) Keuskupan Agung Semarang Romo Dominicus Donny Widiyarso Pr di ruang teater gedung Thomas Aquinas, Unika, baru-baru ini.

’’Sekarang tren dunia digital itu adalah disintermediasi, jadi peran perantara semakin tidak ada dalam konteks jual beli,’’ jelas Donny saat mengisi kuliah.

Misalnya, dulu perusahaan ke konsumen itu harus melalui distributor atau pengecer besar dan pengecer kecil, lalu baru sampai ke konsumen. Kini, adanya aplikasi dengan dunia web itu memungkinkan penjual langsung memperdagangkan barangnya ke konsumen.

Menurut dia, anak muda kini bisa disebut digital native yang artinya sudah lahir dalam zaman dunia digital. Hal itu dinilainya sebuah peluang besar dan keuntungan bagi mereka.

Sebab, cara berpikir, berinteraksi, dan memaknai kehidupan itu sangat ditentukan dan diwarnai oleh dunia digital. Dosen Fikom, Robertus Setyawan Aji Nugroho MComm IT memperkenalkan big data sebagai himpunan data sangat besar dan perlu menggunakan teknologi tertentu untuk bisa memprosesnya.

Hal itu penting supaya mahasiswa bisa mengoleksi data, bagaimana menganalisisnya. Diharapkan, mahasiswa mengerti apa yang mereka pelajari empat tahun ke depan dan memprediksikan tantangan 10 tahun mendatang seperti apa.

’’Kami harap mahasiswa bisa mendapatkan gambaran tentang apa itu big data dan mengambil manfaat dari adanya hal tersebut. Algoritma seperti apa, termasuk implementasinya, lalu apa sudah dipakai pemerintah atau perusahaan,’’ katanya.

Suara Merdeka 23 Agustus 2018 hal. 24, https://www.suaramerdeka.com

Kategori: ,