Awali Tahun Akademik, Unika Gelorakan Semangat Yang Tak Mudah Padam
Selasa, 14 Agustus 2018 | 12:22 WIB

Mengawali tahun akademik 2018/2019, Unika Soegijapranata kembali menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) yang diikuti oleh sekitar 1910 mahasiswa S1 dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan PTMB pada Tahun ini diawali dengan Apel Pagi pembukaan yang dipimpin langsung oleh Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC pada Selasa (14/08) yang bertempat di Plaza Albertus.

Dalam sambutannya, Prof. Ridwan menyampaikan ucapan selamat datang bagi mahasiswa baru yang berasal dari paling barat Indonesia maupun paling timur Indonesia. Unika adalah representasi dari Indonesia mini sebab mahasiswanya juga berasal dari ujung utara sampai ujung selatan Indonesia. Dalam kesempatan itu, Rektor Unika sekaligus memberikan semangat serta motivasi agar dalam menjalani kehidupan yang baru sebagai mahasiswa dapat terus mempertahankan semangat hingga kelulusan nanti.

“Saya mengucapkan selamat datang bagi seluruh teman-teman Mahasiswa Baru angkatan 2018 di Unika Soegijapranata. Saat ini Anda sudah masuk dalam dunia yang baru, dimana Anda dituntut untuk mandiri dan lebih baik dari sebelumnya. Anda bertemu dengan teman-teman baru, tidak hanya berasal dari satu kota saja, melainkan seluruh Indonesia. Mulai dari pulau Sumatera hingga Papua sehingga Anda juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru agar dapat berjalan lancar selama kurang lebih 3-4 tahun kedepan. Semangat pada pagi hari ini hendaknya bisa dijaga sampai Anda lulus dari Unika Soegijapranata.”

Menurut Prof Ridwan, mengutip dari Angela Lee Duckworth yang menulis buku Grit, untuk bisa menjadi mahasiswa yang berhasil diperlukan endurance atau daya tahan untuk bisa menjalani perkuliahan selama 3-4 tahun ke depan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan untuk berjalan bersama di Universitas ini berupa semangat, kerja keras, ketekunan, stamina dan ketahanan atau yang disebut dengan Grit. Diharapkan hal-hal tersebut bertahan tidak hanya dalam waktu seminggu atau sebulan saja tetapi kelima hal ini dapat bertahan sampai dalam kurun waktu yang lebih lama (tahunan) dan semakin meningkat.

“Sebagai Universitas yang memiliki motto Talenta Pro Patria et Humanitate, Unika juga memfasilitasi Anda untuk berkembang dan mengembangkan talenta yang nantinya bisa dipersembahkan bagi Bangsa dan Negara. Unika sebagai tempat ekspresi talenta, menghasilkan kreasi dan terkoneksi. Talenta yang dikombinasikan Grit akan membangun ketrampilan dan jika ketrampilan itu dikombinasikan dengan Grit maka akan menghasilkan pencapaian yang maksimal. Unika dapat menjadi laboratorium bagi teman-teman semua untuk mempraktekkan semua itu,”pungkasnya.

Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru ini akan berlangsung selama tiga hari, pada hari pertama akan diisi oleh tim pemateri dari Universitas dan akan mendalami nilai-nilai Soegijapranata. Hari kedua dan ketiga akan diisi oleh Fakultas, mahasiswa baru diajak untuk mengenal fakultas serta program studinya agar dapat menyesuaikan diri dalam menjalani kehidupan akademik di Fakultas dan Program studi di masa mendatang. (Ign)

Kategori: ,