Ahli Lingkungan Belanda Isi Workshop di Unika
Selasa, 28 Agustus 2018 | 8:49 WIB

image

Program Doktor Ilmu Lingkungan Unika (PDIL) Unika Soegijapranata mengadakan International Workshop Series dengan menghadirkan dua ahli lingkungan asal Open University, Belanda, yakni Dr Frank Van Belleghem dan Dr Ansje Lohr. Kegiatan yang berlangsung di ruang seminar PDILitu diperuntukkan mahasiswa dan dosen mata kuliah tersebut. Kedua narasumber asal Negeri Kincir Angin Belanda ini berbagi cerita soal penanganan limbah plastik.

Dalam kesempatan itu, Frank berbagi ilmu soal risetnya terkait lingkungan, terutama limbah plastik. ”Selama kami bekerja sama dengan Unika Soegijapranata, topik utamanya terkait limbah plastik. Seberapa besar kerugian yang ditimbulkan akibat sampah, kami juga ingin melihat stakeholder mana saja terkait polusi, ini akan dicari jalan keluarnya mengatasi masalah itu,” jelas Frank.

Riset itu untuk menemukan permasalahan. Sekaligus solusi yang bersifat konstruktif terkait perilaku hidup manusia dan sampah bisa dikelola menjadi lebih baik.

Pihaknya mencoba menggali tentang efek yang ditimbulkan dari sampah mikro plastik bagi kesehatan manusia, khususnya terkait sampah plastik dilaut. Dalam kesempatan itu pun, ia juga berbagi metode-metode yang dipakai untuk mencegah atau mengurangi sampah plastik. Di sisi lain, Dr Ansje mengaku gembira bisa datang lagi ke Unika untuk berbagi pengetahuan dengan para mahasiswa S3 PDILUnika.

”Selama enam tahun, kami bekerja sama dengan Unika Soegijapranata untuk melakukan riset tentang limbah plastik yang menjadi bagian dari masalah dunia,” kata Ansje.

Suara Merdeka 28 Agustus 2018 hal. 24

Kategori: