Unika dan Visionet Sepakati Pembayaran Non Tunai di Kampus
Rabu, 4 Juli 2018 | 20:06 WIB

Penandatanganan kerjasama antara Unika Soegijapranata dengan PT. Visionet Data Internasional baru saja dilaksanakan pada hari Rabu (4/7) bertempat di ruang hijau, gedung Mikael Unika Soegijapranata.

Pelaksanaan kerjasama yang dibangun adalah yang kesekian kalinya dilakukan oleh pihak Unika Soegijapranata dengan PT. Visionet Data Internasional untuk mewujudkan ‘Unika Connect’ yang menjadi visi Unika selama 4 tahun ke depan.

Dalam sambutannya, rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. F Ridwan Sanjaya, MS., IEC mengemukakan tentang realisasi visi Unika dalam ‘Unika Connect’.

“Adanya kerjasama antara Unika Soegijapranata dengan PT. Visionet Data Internasional jika digambarkan adalah seperti Tuhan yang mengatur. Hal tersebut karena diawal dimulainya program kerja rektorat Unika yang baru, yang tertuang dalam terminologi ‘Unika Connect’, Unika ingin menghubungkan peluang-peluang itu dengan kesempatan di masyarakat. Peluang-peluang tersebut termasuk bisnis atau kewirausahaan bagi mahasiswa,”tutur Prof. Ridwan.

“Jika dilihat dari statistik dari pengguna internet di Indonesia ini sudah mencapai 51 %. Jadi sudah lebih dari separo penduduk Indonesia itu sudah mengenal internet, bahkan kalau dilihat dari pengguna internet di pulau Jawa juga sudah melebihi 70 %. Artinya prasarana sendiri sudah mencukupi, tinggal memanfaatkan prasarana yang ada. Dan dalam kondisi tersebut, PT. Visionet Data Internasional datang dan menawarkan platform digital yang bisa dihubungkan dengan kebutuhan dengan mahasiswa yang ada di Unika, untuk kepentingan mahasiswa itu sendiri entah itu bisnis, atau mereka punya ide digital, itu bisa terhubungkan dengan kesempatan-kesempatan yang baik di masyarakat,” jelas Prof. Ridwan.

“Jadi nantinya bukan hanya perpustakaan, atau mahasiswa-mahasiswa yang bisa menciptakan startup saja yang bisa memanfaatkan tetapi juga semua pihak bisa dihubungkan dengan platform yang disiapkan PT. Visionet Data. Dan untuk mewujudkannya perlu keterlibatan dari kedua belah pihak. Oleh karena itu semoga penandatanganan kerjasama hari ini sebagai awal bagi kita semua untuk terhubung ke kesempatan-kesempatan baik melalui platform digital yang disediakan oleh PT. Visionet Data. Namun saya berharap platform digital yang disediakan adalah hanya satu keping puzzle yang harus ditambah lagi oleh semua fakultas atau prodi di puzzle kanan dan kirinya untuk sama-sama memanfaatkan,” sambung Prof. Ridwan.

Digital Economic Entrepreneurship

Sedangkan Presiden Direktur PT. Visionet Data Internasional, Paulinus Sugondo juga menyambut baik kerja sama yang akan dibangun dan berharap adanya keterlibatan dari kedua belah pihak untuk mewujudkannnya.

“ Kita akan membuka cakrawala baru antara Unika Soegijapranata dengan PT. Visionet Data Internasional yaitu kita akan bersama Unika Soegijapranata untuk membuat suatu bimbingan terhadap para mahasiswa di sini. Wujudnya adalah bimbingan terhadap pembukaan program-program baru entrepreneurship. Wawasan yang kita bangun adalah dua platform yang bisa langsung gunakan di Unika ini yaitu yang pertama adalah platform Cash Register yang bisa langsung dipakai oleh Unika, seperti di kantin, koperasi dan dimana pun yang tersedia. Yang kedua adalah Multi Printing Services dimana printingnya per paper, bayarnya per paper, hanya aplikasinya nanti kita pakai menggunakan printing yang sudah ada sesuai yang kita sepakati bersama Unika. Dan bayarnya tidak menggunakan cash tetapi digital payment, dengan demikian Unika meningkat satu level dari universitas lain, dan memiliki digital economic entrepreneurship di Unika Soegijapranata,”ungkap Paulinus Sugondo.

Acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh para wakil rektor Unika, Dekan Fakultas, Biro dan UPT di Unika Soegijapranata serta perwakilan PT.  Visionet Data Internasional ditambah tim dari OVO.id. (fas)

Kategori: ,