Romo Greg Pelajari Sejarah Islam
Selasa, 10 Juli 2018 | 13:52 WIB

SM 10_07_2018 Romo Greg Pelajari Sejarah Islam

Romo Dr Greg Sutomo SJ, dosen Ateneo De Manila Philipina, mempelajari sejarah Islam. Selepas menuntaskan disertasi doktomya mengenai sejarah Islam di Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dia mengaku sering menularkan ilmunya mengenai sejarah Islam di sejumlah kampus. Belum lama ini, dia juga memaparkan di kampus Unika Soegijapranata.

Dalam pemaparan itu dia menuturkan, pengenalan dan studi ajaran agama lain akan membuat seseorang bisa lebih memahami tradisi dan ajaran agama lain. Setelah mengetahui, maka akan ada rasa lebih menghormati. "Dengan mempelajari sejarah Islam, kita akan lebih memahami tradisinya," tuturnya.

Berkat disertasi itu, Romo Greg telah memberi kontribusi intelektual terhadap sejarah Islam dan kehadirannya sebagai pemuka agama Katolik dapat menciptakan persaudaraan sejati antarkedua agama.

Dikatakannya, upaya belajar agama lain itu tentu tidak mudah dilakukan. Ketika seseorang mempelajari ajaran Islam dan khazanahnya, bisa jadi dapat menemukan pertentangan berkaitan dengan sejarah umat Kristiani dan Islam yang di beberapa zaman pernah timbul pertikaian dan permusuhan.

Justru dengan disertasi yang sudah dilakukan, dapat melatih diri untuk saling memahami dan bisa bersama-sama membela serta mengembangkan keadilan sosial bagi semua orang, menyampaikan nilai-nilai moral ataupun perdamaian dan kebebasan.

Menurut dia, sikap memahami ajaran agama lain dan mengutamakan keadilan sosial serta perdamaian itu harus terus diupayakan dalam dialog antaragama.

â–ºSuara Merdeka 10 Juli 2018 hal. 24

Kategori: