Tingkatkan Kualitas Jurnal Sisforma, Ini Empat Agenda Unika Soegijapranata
Senin, 25 Juni 2018 | 9:13 WIB

Tingkatkan Kualitas Jurnal Sisforma, Ini Empat Agenda Unika Soegijapranata

Pada tahun ini (2018) Program Studi Sistem Informasi Unika Soegijapranata Semarang memperoleh hibah pengelolaan Open Jurnal System (OJS) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

Hibah tersebut, menurut Ketua Editor Jurnal Sisforma Unika Soegijapranata Fx Hendra Prasetya dimaksudkan untuk upaya peningkatan kualitas jurnal yang dimiliki selama ini, yakni Jurnal Sisforma.

“Karena itu, melalui hibah tersebut, kami juga akan rajin laksanakan workshop. Dimana tujuannya agar apa yang menjadi harapan serta cita-cita bisa terealisasikan secara optimal. Kualitas jurnal yang kami miliki semakin meningkat serta berkembang,” kata Hendra.

Kepada Tribunjateng.com, Sabtu (23/6/2018), dia mengutarakan, sesuai agenda yang telah tersusun, pihaknya bakal menggelar pelatihan atau workshop tersebut sebanyak sekitar 4 kali hingga Agustus 2018 mendatang.

“Untuk keempat kegiatan yang kami laksanakan itu terbuka pula untuk siapapun yang mau bergabung. Jadi tidak untuk internal akademisi Unika Soegijapranata, tetapi juga dari pihak luar,” terangnya.

Dia menerangkan, kegiatan pertama telah dilaksanakan. Bentuknya adalah workshop penulisan naskah jurnal ilmiah. Itu telah dilaksanakan pada 24 Mei 2018 lalu. Pasca itu, dilanjutkan kegiatan yang terlihat tadi di kampus.

"Pada Sabtu (23/6/2018) ini, kami laksanakan workshop pengembangan website OJS. Itu sebagai tindaklanjut juga dari workshop sebelumnya. Dari workshop tersebut harapannya pula website jurnal milik kami juga semakin berkembang,” bebernya.

Dalam kegiatan itu, lanjutnya, panitia menghadirkan tim ahli Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Itu merupakan partner kerja UPT Perpustakaan Unika Soegijapranata Semarang. Ada beragam materi yang disampaikan, diajarkan, serrta dilatih kepada belasan peserta workshop.

“Seperti tentang instalasi OJS, tampilan website, setting style, CSS, pengembangan OJS standar akreditasi, hingga indeksasi dalam pengelolaan jurnal ilmiah. Semua itu diberikan agar website yang kami miliki sesuai kaidah jurnal terakreditasi,” bebernya.

Pasca workshop tersebut, Hendra menginformasikan bakal menggelar agenda workshop ketiga. Yang telah dijadwalkan pada 21 Juli 2018 mendatang. Dalam workshop tersebut bakal fokus pada hal pengelolaan website OJS.

“Setelah itu, atau tepatnya pada 3 Agustus 2018 mendatang, kami laksanakan lokakarya dewan editor jurnal Sisforma Unika Soegijapranata. Pasca keempat kegiatan itu, harapannya jurnal kami semakin berkualitas dan tentunya bisa peroleh akreditasi yang selama ini jadi cita-cita kami,” tukas Hendra.

http://jateng.tribunnews.com

Kategori: