TINGKATKAN KUALITAS JURNAL DENGAN WORKSHOP DAN LOKAKARYA
Senin, 25 Juni 2018 | 17:03 WIB

Program Studi Sistem Informasi Unika Soegijapranata baru-baru ini memperoleh hibah pengelolaan OJS (Open Jurnal System) dari Kemenristekdikti. Terkait hibah tersebut, serangkaian kegiatan diadakan untuk meningkatkan kualitas jurnal program studi. Menurut ketua editor jurnal SISFORMA, Fx. Hendra Prasetya, ST., MT., empat kegiatan dilaksanakan di kampus Unika Soegijapranata dengan peserta terbuka untuk umum.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas jurnal SISFORMA maka kita akan melaksanakan beberapa kegiatan yang terbuka untuk umum, meliputi antara lain kegiatan workshop penulisan naskah jurnal ilmiah yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2018. Dilanjutkan dengan worshop pengembangan website OJS yang dilaksanakan pada hari ini Sabtu, tanggal 23 Juni 2018. Kegiatan berikutnya ialah pada tanggal 21 Juli 2018 yaitu workshop pengelolaan website OJS. Dan yang terakhir adalah lokakarya dewan editor SISFORMA yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2018 mendatang,” terang Hendra.

Lebih lanjut Hendra menuturkan tentang tujuan kegiatan Workshop pengembangan website OJS yang masih berlangsung,” Kegiatan¬† workshop ini bertujuan untuk pengembangan website jurnal ilmiah di program studi Sistem Informasi, untuk itu kita undang narasumber tim ahli dari RJI (Relawan Jurnal Indonesia) yang merupakan partner kerja Kepala Perpustakaan UNIKA Soegijapranata, Rikarda Ratih Saptaastuti, SSos. ” ucapnya.

“Tim RJI akan mengajarkan dan melakukan pembimbingan kepada para pengelola website OJS untuk membuat website yang sesuai dengan kaidah atau aturan jurnal yang terakreditasi. Materi workshop yang diberikan oleh tim RJI meliputi instalasi OJS, tampilan website, setting style dan CSS, versi OJS, pengembangan OJS standard akreditasi, dan indeksasi Jurnal ilmiah,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unika, Bernardinus Harnadi, Ph.D mengungkapkan tentang testimoni dan nilai manfaat yang didapat oleh peserta, ‚ÄĚPeserta tidak hanya dari dewan editor Sisforma, tetapi juga dari para pengelola jurnal di lingkungan internal Unika dan dari universitas lain di Semarang, Jakarta, dan Jember. Testimoni yang diberikan para peserta khususnya peserta tamu dari luar Unika, menyatakan workshop ini sangat bermanfaat bagi pengembangan website jurnal mereka dan bersama-sama berharap semoga jurnalnya bisa dapat terakreditasi. (fas)

Kategori: ,