Mahasiswa Promosikan Produk UMKM
Jumat, 29 Juni 2018 | 9:57 WIB

SM 29_06_2018 Mahasiswa promosikan Produk UMKM

Mahasiswa Unika Soegijapranata imempromosikan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU), mahasiswa menggelar Gebyar Expo UMKM di Kampus Unika Soegijapranata, Kamis (28/7).

Aneka produk dipamerkan, antara lain, onde-onde, gethuk, keripik, kerajinan daur ulang, dan scrub dari Kopi. Sebanyak 318 mahasiswa memamerkan hasil kegiatan KKU dari 7 daerah di Kota Semarang seperti Genuk, Gisikdrono, Tambaklorok, dan Gayamsari.

Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu menuturkan, Pemkot Semarang terus mendukung upaya mahasiswa Unika Soegijapranata dalam upaya mendorong pengembangan pelaku UMKM Kota Semarang. Pendampingan yang dilakukan mahasiswa sangat membantu UMKM. ”Kami sangat berterima kasih kepada civitas akademica Unika yang ikut membantu mempromosikan produk UMKM Semarang,” ujar Ita, sapaan akrab Hevearita.

Banyak produk hasil KKU Mahasiswa yang berpotensi untuk dikembangkan. ‘’Tinggal bagaimana Pemkot Semarang melakukan upaya untuk mendorong mereka mengembangkan usahanya. Seperti, perijinan usaha, lolos BPPOM, pencantuman tanggal kedaluwarsa, dan label usaha.

Selain itu, dari segi promosi, Pemkot Semarang telah berusaha mempromosikan produk UMKM melalui kegiatan di Galeri Kota Lama, promosi di Pasar Bulu dan Semarang Creative Galeri dan pemasaran online bekerja sama dengan Bukalapak dan Tokopedia.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika, Bertha Bekti Retnowati mengatakan, kegiatan ini merupakan ekspo hasil KKU binaan mahasiswa. Tujuannya mengembangkan dan memperluas pasar. Selama dua bulan, mahasiswa terjun langsung mendampingi UMKM. Mahasiswa memberikan pengetahuan mengenai akses pasar, promosi lewat online, perbaikan kemasan, perbaikan rasa dan perbaikan desain.

https://www.suaramerdeka.com, Suara Merdeka 29 Juni 2018 hal. 20

Kategori: ,