Kekinian Pendidikan Arsitektur
Senin, 4 Juni 2018 | 9:33 WIB

Kekinian Pendidikan Arsitektur

BIDANG Arsitektur di dalam institusi pendidikan di Indonesia sudah berlangsung lebih dari 60 (enam puluh) tahun. Di dalam institusi pendidikan pada saat itu, arsitektur dianggap sebagai bagian dari pendidikan konstruksi dan bahan bangunan, yang merupakan bagian dari pendidikan insinyur sipil. Namun demikian, sebenarnya bidang arsitektur memiliki cakupanlebih dari bidang konstruksi dan bahan bangunan, yaitu terdapat estetika, lingkungan, teknologi, humaniora sampai dengan kewirausahaan.

Ilmu arsitektur lebih tepat jika berada dalam kelompok planning, environment dan desain daripada kelompok teknik. Institusi pendidikan di luar negeri seperti di Eropa, Amerika dan Australia sudah menyesuaikan diri dengan situasi ini. Mengutip dari Vitruvius dalam buku “The Ten Books On Architecture” (1960) di buku I dengan judul “The Education of the Architect, practice and theory are its parents.” Yang dipahami bahwa praktik dan teori merupakan induk dalam pendidikan arsitektur. Keduanya berkolaborasi, menjadi hal yang penting dan tidak terpisahkan dalam pendidikan arsitektur.

Pada masa kini, penyusunan kurikulum yang merespon perkembangan dunia arsitektur internasional baik dari bidang keprofesian, pemenuhan kebutuhan pasar maupun perkembangan keilmuan merupakan hal yang penting. Hal ini akan menjadi lebih baik jika ada semacam serangkaian program yang membangun soft skill para mahasiswa arsitektur yang akan menjadi arsitek, pekerja atau pelaku usaha di dunia arsitektur. Soft skill yang dibutuhkan antara lain adalah kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan (leadership), team work yang didasari pada sikap beretika, bertanggung jawab-berkomitmen, disiplin, kritis-kreatif, dan memiliki daya juang.

Arsitektur Unika Soegijapranata yang di tahun ini telah memasuki usia emas, menunjukkan kematangan suatu insititusi pendidikan arsitektur. Studio perancangan arsitektur yang merupakan inti (core) dari pendidikan arsitektur dilaksanakan secara berurutan dari semester awal hingga akhir. Progdi Arsitektur of De La Salle University, Dasmari’as, Philippines, dengan kegiatan meliputi student danstaffexchange, collaborativeworkshop dan collaborativeresearch.

Diaspora alumni Arsitektur Unika Soegijapranata yang telah menyebar di hampir seluruh wilayah Indonesia serta mancanegara memberikan manfaat dalam peningkatan jejaring antar alumni dan Progdi Arsitektur. Jejaring yang terbentuk ini memberikan peluang bagi para alumnus yang lain untuk mendapatkan pekerjaan atau kesempatan berusaha dan berkarya di dunia arsitektur. (53)

MD. Nestri Kiswari& Gustav Anandhita, Staf Pengajar Program Studi Arsitektur Fakultas Arsitektur dan Desain UNIKA Soegijapranata, Semarang

https://www.suaramerdeka.com, Suara Merdeka 3 Juni 2018 hal. 14

Kategori: , ,