FEB Unika Terima Kunjungan FE UAJY
Rabu, 6 Juni 2018 | 15:11 WIB

Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik antara kedua belah pihak. Dalam rangka hal tersebut maka pada hari Selasa (5/6) pejabat struktural Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), yang diwakili oleh Wakil Dekan II Endang Raino Wirjono, S.E., M.Si beserta jajarannya telah berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

Dalam kunjungan studi banding tersebut, rombongan diterima oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata Dr. Octavianus Digdo Hartomo, S.E., M.Si.Akt yang didampingi oleh Wakil Dekan, Ketua Program Studi, dan para pejabat struktural lainnya, bertempat di ruang pertemuan FEB Unika, gedung Yustinus lantai 2.

Dalam penuturannya, Wakil Dekan II Endang Raino Wirjono, S.E., M.Si sebagai ketua rombongan UAJY mengutarakan maksud kunjungannya ke FEB Unika. “Dengan adanya kepengurusan baru di lingkup struktural Fakultas Ekonomi UAJY, serta keinginan kami untuk mengunjungi beberapa perguruan tinggi yang memang sudah lama ingin kami lakukan, namun baru sekarang kami bisa realisir. Maka kesempatan ini sangat kami harapkan, artinya mungkin dari kunjungan ini ada hal-hal baik dari perguruan yang kami kunjungi yang dapat kami  contoh, seperti misalnya di FEB Unika Soegijapranata itu ada Tax Center, dan Klinik Konsultasi Bisnis (KKB). Sementara ditempat kami juga ada Pusat Pengembangan Ekonomi dan Bisnis (PPEB), kami ingin bahwa PPEB ini menjadi sarana untuk aktifitas dosen selain mengajar. Jadi hal itulah yang ingin kami gali dari FEB Unika yaitu bagaimana memberdayakan dosen supaya punya kegiatan lain selain mengajar seperti misalnya sebagai praktisi, atau sebagai instruktur untuk hal-hal di luar  bidang pengajaran,” terangnya.

Menanggapi kunjungan Fakultas Ekonomi UAJY, Dekan Fakultas Ekonomi Unika Dr. Octavianus Digdo Hartomo, S.E., M.Si.Akt juga menjelaskan beberapa topik yang menjadi bahasan dalam kunjungan tim FE UAJY. “Studi banding FE UAJY ke FEB Unika akan membahas beberapa topik yang pertama adalah pengelolaan di fakultas dan program studi secara keseluruhan, kemudian juga unit-unit yang sifatnya melayani umum, misalnya jika di Unika itu ada Tax Center dan CCPA, kami akan  sharing ke mereka tentang pengelolaan terhadap unit-unit tadi, termasuk juga mengenai hal penelitian dan publikasi yaitu pengelolaan jurnal, ” jelas Dr. Oki.

“Ke depan dalam konteks membangun perguruan tinggi yang lebih berkualitas dalam payung APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik), maka di antara sesama anggota APTIK itu akan saling sharing dan diskusi sehingga ada hal-hal yang bisa kita petik dari perguruan tinggi lain. Hal lain kunjungan ini juga realisasi dari kegiatan Asosiasi Dosen Ekonomi dan Bisnis APTIK, yang didalamnya adalah perkumpulan Fakultas Ekonomi dan Bisnis perguruan tinggi APTIK, dimana salah satu agendanya adalah kunjungan, selain pertemuan rutin yang sering kami adakan setiap tahun,” pungkasnya. (fas)

Kategori: ,