Digitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi di UKDC Surabaya
Jumat, 1 Juni 2018 | 16:38 WIB

WhatsApp Image 2018-05-31 at 20.01.02 (1)

Pada hari Kamis (31/5) yang lalu, Unika Darma Cendika Surabaya (UKDC) Surabaya mengundang Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, untuk memberikan sharing mengenai “Digitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi” dalam kegiatan Hari Studi UKDC. Implementasi Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi dinilai mendesak karena kebutuhan data yang cepat dan akurat sangat dibutuhkan dalam proses penjaminan mutu, sekaligus menciptakan daya tarik bagi anak muda yang saat ini menjadi mahasiswa ataupun calon mahasiswa.

Prof Ridwan yang merupakan Rektor Unika Soegijapranata sekaligus Profesor dalam bidang Sistem Informasi, menyampaikan bahwa Teknologi Informasi sudah menjadi kenyataan yang tidak dapat dihindari. Jika organisasi tidak adaptif, maka organisasi lain yang akan menggunakannya dan menggantikan posisi mereka. Hal ini mengingatkan pada sejarah ponsel Ericsson dan Nokia yang akhirnya tergantikan posisinya sebagai pemimpin pasar karena kurang adaptif dengan perubahan. Untuk itu, perlu melakukan inovasi disruptif agar jangan sampai terdisrupsi yang lain.

Semangat dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam proses administrasi dan perkuliahan yang disampaikan oleh semua dosen dan tenaga kependidikan UKDC menjadi modal yang kuat dalam menyongsong perubahan di masa yang akan datang. Dengan digitalisasi proses administrasi dan perkuliahan, diharapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian, dan kesetaraan dapat memperkuat kehidupan perguruan tinggi.

Rektor UKDC Romo Dr. Y. Budi Hermanto, menyampaikan kesiapan Sumber Daya Manusia dalam menggarap kebutuhan Sistem Informasi telah menjadi prioritas saat ini. Sistem yang telah ada sebelumnya sudah mendesak untuk diperbarui. Untuk itu selain merekrut dosen untuk persiapan pendirian program studi Sistem Informasi, kerjasama dengan Unika Soegijapranata yang sebelumnya telah mengembangkan berbagai bentuk digitalisasi menjadi salah satu daya dorong.

Baca juga: 14 Digitalisasi yang Bikin Kampus jadi Asyik

Terkait hal tersebut, pada hari yang sama juga dilakukan penandatanganan MoU antara UKDC Surabaya dengan Unika Soegijapranata Semarang oleh Romo Dr. Y. Budi Hermanto dan Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya. Kerjasama tersebut meliputi kerjasama dalam bidang Sistem Informasi, pengelolaan Jurnal Ilmiah, dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

WhatsApp Image 2018-05-31 at 18.32.39

Kategori: