Banyak Kisah Dalam Alumni Gathering FTP Unika
Kamis, 21 Juni 2018 | 10:18 WIB

Untuk memperingati Ulang Tahun yang ke-23, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata mengadakan Alumni Gathering dengan bertemakan “Bazaar Kebon” pada Selasa (19/6) yang bertempat di outdoor hall lantai 1 depan Lab Fakultas Teknologi Pertanian. Dalam acara tersebut, para alumni yang memiliki usaha sendiri diberi kesempatan untuk mengisi stand dengan tujuan dapat memperkenalkan usahanya kepada alumni yang lain.

Dalam acara ini, selain disuguhi oleh stand bazaar yang diisi oleh alumni, alumni yang hadir juga disuguhi oleh pameran foto mengenang FTP sejak pertama kali berdiri tahun 1995 yang berjudul “Footprint dari Masa ke Masa”. Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh berbagai games dan panggung live musik yang diisi oleh TP kustik, salah satu UKM di FTP Unika.

Beberapa produk yang turut mengisi stand bazaar alumni adalah produk dari The Farmhill yang menjajakan berbagai macam sayuran dan buah hidroponik dan Exotic Tropical Indonesia yang menjajakan produk-produk hasil pengeringan produk pertanian dan pangan.

Ciri Khas FTP Unika

Dalam temu kangen ini, terungkap pula kisah dari masing-masing angkatan tentang perkuliahan mereka, seperti halnya yang diungkapkan oleh salah satu perwakilan dari angkatan tahun 1995. ”Jumlah mahasiswa yang awalnya masih sedikit dalam satu angkatan membuat kami harus berjuang keras dan banyak berkorban dalam menyelesaikan kuliah. Kami juga mengerjakan laporan dengan  menggunakan tulis tangan di buku yang dikumpulkan ke laboran,” tutur Fitri mengisahkan kembali salah satu ciri khas FTP sewaktu masa kuliahnya dulu.

Hampir sama dengan yang diungkapkan Fitri, Ina yang merupakan perwakilan angkatan 1996 juga mengungkapkan kesannya sewaktu kuliah, “Karena saat itu jumlah mahasiswanya masih sedikit, maka kuliah kami serasa seperti privat. Bahkan hubungan kami dari angkatan 1996 dengan dosen begitu dekat sehingga kami sering dilibatkan dalam kegiatan di kelas. Kami juga sangat didorong oleh para dosen untuk bisa segera menyelesaikan studi,” terang Ina.

Selanjutnya, Ina juga mengungkapkan meskipun jumlah mahasiswa angkatan 1996 yang masih sedikit, namun FTP telah membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dan Senat Mahasiswa Fakultas yang anggotanya mengambil dari setengah anggota kelas pada saat itu.

Tidak hanya para mahasiswa, acara Alumni Gathering tersebut juga dihadiri oleh mantan dekan FTP Unika, Ir. Lucia Sri Lestari, MSc. Menurut dosen yang akrab disapa Lestari ini, alumni FTP Unika saat ini membanggakan karena alumni yang lama memiliki ikatan yang kuat dan membentuk jaringan yang hangat bagi para adik kelas.

“Hangatnya jaringan yang dibentuk antar alumni membuat lowongan pekerjaan untuk lulusan baru lebih mudah. Untuk itu, menjadi tantangan bagi lulusan baru FTP saat ini karena persaingan cukup ketat dan program TP telah banyak dibuka di universitas lain. Saya pun berharap TP Unika dapat memenangkan daya saing bahkan lulusan baru dapat menempati tempat-tempat yang diisi oleh lulusan TP Unika sebelumnya,” tandas Lestari. (Cal)

Kategori: ,