Unika Tambah Kemitraan Baru dengan Perguruan Tinggi Malaysia
Senin, 14 Mei 2018 | 10:11 WIB

Unika Tambah Kemitraan Baru dengan Perguruan Tinggi Malaysia

Untuk kesekian kalinya, Unika Soegijapranta telah menambah jumlah kemitraan yang dibangun antara Unika dengan berbagai Lembaga, baik dalam maupun luar negeri, salah satunya adalah kerjasama dengan Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS) Malaysia, yang ditandatangani pada hari Jumat (11/5).

Dalam acara penandatanganan MoU yang dilaksanakan di ruang pertemuan Gedung Mikael, Lantai 3 tersebut, dihadiri oleh Rektor Unika Prof Dr F Ridwan Sanjaya, SE, SKom, MSIEC; Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan B Danang Setianto, SH, LLM, MIL; President Cyberjaya University College of Medical Services Malaysia Professor Dato’ Dr Mohamad Abdul Razak; dan Dekan Fakultas Psikologi Cyberjaya University College of Medical Services Prof Dr Rosmah Binti Ismail; serta Kepala International Office Unika Soegijapranata, Stefani Amanda Harmani, STP, MSc dan segenap jajaran dekanat Fakultas Psikologi Unik Soegijapranata.

Dalam sambutannya, Prof Ridwan menyambut baik adanya kerjasama tersebut terutama terkait Fakultas Kedokteran yang sedang dipersiapkan oleh Unika Soegijapranata. Kerjasama ini juga selaras dengan fokus utama yang digeluti oleh Cyberjaya University College of Medical Services yaitu Medical Sciences.

"Saya juga berharap kerjasama ini tidak hanya berhenti pada penandantanganan saja tapi juga berdampak pada realitas. Yang pertama, dimulai dari salah satu rekan kami, Carolus Indra Dwi Purnama, SPsi, MPsi yang saat ini sedang belajar di Cyberjaya University College of Medical," ucapnya.

Untuk sekedar diketahui, sebut Prof Ridwan, Indra memiliki keahlian di bidang narkotika dan sering diundang dalam berbagai acara yang membahas tentang narkotika dan dalam rangka ini kerjasama dengan Fakultas Psikologi merupakan langkah yang besar karena Fakultas Psikologi merupakan salah satu Top of Mind di pulau ini terutama di universitas ini.

Sementara President Cyberjaya University College of Medical Services Malaysia, Professor Dato’ Dr Mohamad Abdul Razak, dalam sambutan balasannya juga menuturkan, "Kedatangan saya dan istri beserta Prof Rosmah saat ini memang rombongan kecil karena kami ingin melihat terlebih dahulu budaya dan sejarah Kota Semarang dan menurut saya, memang kota ini sangat cantik dan bersejarah. Universitas ini juga terletak di lokasi yang cukup strategis tepatnya di puncak bukit dan tentunya salah satu daya tarik bagi investor adalah kekuatan anak-anak muda seperti Indra yang tidak hanya terkenal disini namun saat ini juga terkenal di Cyberjaya," ujarnya.

Terkait Universitasnya Cyberjaya University College of Medical Services Malaysia, Professor Dato’ Dr Mohamad Abdul Razak menyebut bidang utamanya, medical sciences, tapi jika dibandingkan dengan Unika, kami masih tergolong sangat muda.

"Saat ini, umur universitas kami baru menginjak 12 tahun dan ke depannya kami berencana untuk membuka konsentrasi baru yaitu Psikologi yang tergabung dalam Fakultas Psikologi. Kami berharap kerjasama ini akan menjadi besar karena kami melihat konsentrasi Psikologi yang merupakan salah satu kekuatan dari Unika Soegiijapranata.

Selain itu,  lanjut Professor Dato’ Dr Mohamad Abdul Razak, dengan kerjasama ini tentunya sangat cocok karena antara Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan, beberapa di antaranya seperti budaya dan bahasa. Untuk sekedar diketahui, Cyberjaya memiliki jarak yang sangat dekat dengan KLIA (Kuala Lumpur International Airport) jika ditempuh dari kampus kami menuju bandara hanya memakan waktu 10 menit.

"Cyberjaya juga sangat dekat dengan Putrajaya yang biasa disebut sebagai Kota Tun Mahathir Mohammad, sang perdana menteri terpilih saat ini," imbuh Prof Abdul Razak.

https://www.bernas.id

Kategori: