Unika Soegijapranata Luncurkan Asisten Virtual Vanika di Line
Senin, 7 Mei 2018 | 10:25 WIB

TRB 7_05_2018 Unika Luncurkan Asisten Virtual Vanika di Line

Fhelya Dapat Info tentang Kampus Tak Kurang dari Semenit

Unika Soegijapranata Semarang meluncurkan aplikasi informasi yang bisa diakses siapapun yang butuh informasi terkait kampus tersebut. Aplikasi bernama Vanika ini bisa diakses di media sosial Line.

FHELYA Valentia Setiawan tak lagi bingung mencari informasi seputar kampus tempat dia menimba ilmu di Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang. Cukup mengakses Vanika, berbagai informasi bakal dia terima secara cepat dan mudah.

"Selain mengakses percakapan, biasanya saya melihat info apa saja yang ada di Unika. Jadi, di luar kampus pun masih bisa memantau kegiatan," ungkap mahasiswi Program Studi (Prodi) Si Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata Semarang ini, Jumat (4/5).

Vanika merupakan aplikasi asisten virtual yang bisa diakses siapapun lewat jaringan media sosial Line. Inovasi terbaru dari Unika Soegijapranata ini mulai diperkenalkan April lalu.

"Saat mengakses aplikasi ini, saya seolah-olah memeroleh kawan baru untuk ngobrol. Bahkan, kadang iseng tanya sesuatu dan responnya cepat, tidak ada semenit sudah dibalas," ucap mahasiswi semester empat ini.

Meski begitu, Fhelya berharap, asisten virtual ini bisa dikembangkan dan menjangkau banyak media sosial. Juga, menambah pilihan menu.

Terpisah, Rektor Unika Soegijapranata Semarang Ridwan Sanjaya mengungkapkan, sebenarnya, Vanika dibuat untuk membantu calon mahasiswa lebih mengenal Unika Soegijapranata.

"Karena biasanya mereka mengakses website maupun media sosial resmi kampus sekitar pukul 21.00 hingga dini hari, pertanyaan yang diajukan tak bisa langsung dijawab. Lewat aplikasi ini, pertanyaan mereka bisa langsung dijawab," jelas Ridwan. Menurut Ridwan, asisten virtual ini merupakan kolaborasi antara perangkat lunak dan kecerdasan intelligence. Pertanyaan yang masuk akan secara cepat atau dijawab mesin robot.

"Aplikasi ini bisa diakses 24 jam sehari dan bisa berinteraksi dalam chatting. Kami berharap, aplikasi ini cukup membantu warga maupun civitas akademika Unika Soegijapranata Semarang mendapat informasi seputar kampus ini," harap dia.

Hingga Jumat pekan lalu, aplikasi ini sudah diakses 166 pengguna. Ridwan berjanji terus mengembangkan Vanika agar informasi yang disampaikan selalu terbarukan. Aplikasi ini juga diharapkan bisa menjadi bukti siapnya Unika Soegijapranata menghadapi Revolusi Industri 4.0 atau era disruptif seperti sekarang.

Kepala Humas Unika Soegijapranata Semarang F Yuwono Agus menambahkan, ada beberapa kolom pilihan di aplikasi Vanika, di antaranya chatting atau percakapan. "Ada pula Admin, Menu, ataupun khusus terkait penerimaan mahasiswa baru (PMB). Di tampilan Menu, ada informasi terkait perkuliahan, pendaftaran, hingga hotline service," jelas dia.

â–ºTribun Jateng 7 Mei 2018 hal. 15

Kategori: