Unika Saring Calon Manajer Unggul
Rabu, 9 Mei 2018 | 9:52 WIB

WWS 8_05_2018 Unika Saring Calon Manajer Unggul
Puluhan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, ikut berkompetisi dalam ajang Glowmention IV, yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata di kampus Bendan Dhuwur, Semarang, 7-9 Mei.

"Kegiatan Glowmention ini sudah menjadi kegiatan tahunan, yang berlangsung sejak 2015 lalu hingga sekarang. Pada 2018 ini, Glowmention IV diikuti oleh 42 universitas ternama di seluruh Indonesia, antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Binus Jakarta, hingga UPH Medan. Dari hasil seleksi yang sudah kita lakukan, terpilih 14 finalis yang diundang untuk tampil secara langsung," papar Ketua Panitia Laurentius Galih Wicaksono, disela pembukaan, Senin (7/5).

Lebih lanjut dipaparkan, dalam ajang Glowmention IV, pihaknya bekerjasama dengan perusahaan food and beverage manufacturing PT Marifood. "Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa, terutama dalam menangani hal-hal penting tentang manajemen bisnis secara nyata di lapangan. Glowmention IV bersama PT Marifood mempunyai sebuah tantangan untuk mengangkat salah satu produk unggul mereka, yaitu Kongbap. Jadi peserta diberi tantangan, bagaimana menjadikan produk tersebut bisa trend food sebagai campuran nasi yang lezat serta sehat bagi konsumen," tambahnya.

■ Tujuan
Hal tersebut sesuai dengan tema kegiatan yakni "Creative Business Strategy For Facing The Global Market", dengan tujuan mempersiapkan mahasiswa manajemen dalam membuat strategi bisnis untuk menghadapi persaingan secara global. "Persaingan global telah ada di depan mata dan harus dihadapi dengan persiapan yang matang, terutama mahasiswa manajemen dan calon manajer di Indonesia,"pungkas Galih.

Sementara, Koordinator Digital Marketing PT Marifood Dian Halim, menuturkan melalui ajang ini, pihaknya ingin berbagi pengalaman kepada peserta dalam mempraktekkan keilmuan mereka secara langsung. "Bahkan tidak mungkin, nantinya mereka juga berkesempatan untuk menerapkan stategi bisnis
yang dipaparkan, terhadap proses pemasaran produk Kongbap," tandasnya.

Selain kompetisi yang meliputi presentasi case, debate, serta hotpoint, acara ini juga mengadakan kunjungan ke sejumlah perusahaan, diantaranya PT Indofood dan PT Marifood guna pembelajaran di lapangan. Para peserta juga akan mengikuti city tour kota Semarang ke Lawang Sewu dan Bandeng Juwana.

►Wawasan 8 Mei 2018 hal. 18

Kategori: