Unika-Malaysia Jalin Kemitraan
Senin, 28 Mei 2018 | 10:08 WIB

SM 28_05_2018 Unika-Malaysia Jalin Kemitraan

Unika Soegijapranata menjalin kemitraan baru dengan Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS) Malaysia. Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya bersama Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan B Danang Setianto bersama President Cyberjaya University College of Medical Services Malaysia Professor Dato Dr Mohamad Abdul Razak dan Dekan Fakultas Psikologi Cyberjaya University College of Medical Services Prof Dr Rosmah Binti Ismail, serta Kepala International Office Unika Soegijapranata Stefani Amanda Harmani, dan segenap jajaran dekanat Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata menandatangani perjanjian kerja sama di Kampus Unika Soegijapranata, belum lama ini.

Ridwan mengatakan, Unika Soegijapranta telah menambah jumlah kemitraan yang dibangun antara Unika dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri. Salah satunya dengan Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS) Malaysia.

"Kerja sama ini selaras dengan fokus utama yang digeluti oleh Cyberjaya University College of Medical Services yaitu Medical Sciences. Apalagi Unika telah mempersiapkan diri dengan Fakultas Kedokteran," tuturnya.

Kerja sama ini dimulai dari rekan Unika, Carolus Indra Dwi Purnama yang saat ini sedang belajar di Cyberjaya University College of Medical. Indra memiliki keahlian di bidang narkotika dan sering diundang dalam berbagai acara yang membahas tentang narkotika. Dalam rangka ini, kerja sama dengan Fakultas Psikologi merupakan langkah yang besar karena Fakultas Psikologi merupakan salah satu Top of Mind di pulau ini terutama di universitas ini.

Sementara President Cyberjaya University College of Medical Services Malaysia Professor Dato Dr Mohamad Abdul Razak mengatakan, bidang utama kampusnya adalah medical sciences namun jika dibandingkan dengan Unika, masih tergolong sangat muda.

"Saat ini, umur universitas kami baru 12 tahun dan ke depan kami berencana untuk membuka konsentrasi baru yaitu Psikologi yang tergabung dalam Fakultas Psikologi. Kami berharap kerja sama ini akan menjadi besar karena kami melihat konsentrasi Psikologi merupakan salah satu kekuatan dari Unika Soegiijapranata. Selain itu kerja sama ini tentu sangat cocok karena antara Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan, beberapa di antaranya seperti budaya dan bahasa," ungkapnya.

Suara Merdeka 28 Mei 2018 hal. 24

Kategori: