Unika Kembangkan Tiga Hal ini untuk Tingkatkan Kapasitasnya
Selasa, 22 Mei 2018 | 14:56 WIB

Unika Soegijapranata kembali meningkatkan kerjasamanya dengan PT. Visionet Data Internasional dalam pertemuan lanjutan di antara keduanya yang bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Mikael lantai 3 pada hari Sabtu (12/5). Dalam pertemuan kedua belah pihak, pihak Visionet dihadiri oleh Paulinus S. Koesemo (President Director), Tiurida Hutabarat (Group Head Talent Management Group), dan FX. Edy Prastowo (Business Director Branch IT Services).

Dalam kesempatan tersebut, PT. Visionet melakukan kerjasama dengan beberapa unit di Unika antara lain Perpustakaan Unika, Fakultas Ilmu Komputer, serta Center for Student Entrepreneurship (CSE).

Internship

Dalam kerjasama yang dibangun bersama PT. Visionet, Fakultas Ilmu Komputer memiliki rencana untuk melakukan internship bagi mahasiswa. Tidak hanya itu, kerjasama itu juga berlanjut ke beberapa proyek lain terkait Internet of Things (IoT) seperti pembuatan sistem e-parking dan pengembangan inkubator bisnis.

“Dari kerjasama ini, kami memberikan pilihan kepada mahasiswa untuk mengadakan magang di PT. Visionet yang dilanjutkan dengan mengerjakan skripsi di PT. Visionet. Hal ini menarik karena PT. Visionet juga lebih terbuka untuk menerima karyawan dari lulusan setelah mereka mengerjakan skripsinya di sana.” jelas Bernardinus Harnadi PhD yang juga Ketua Program Studi Sistem Informasi Unika Soegijapranata.

Website Investasi Entrepreneur

Selain itu, PT. Visionet juga bekerjasama dengan Center for Student Entrepreneurship (CSE) dalam pengembangan website bersama.unika.ac.id. Dalam keterangannya, Dr. Chatarina Yekti Prawihatmi, S.E, M.Si sebagai pembina Center for Student Entrepreneurship (CSE) mengungkapkan pembentukan website tersebut sebagai media yang mempertemukan produk dari entrepreneur Unika dengan para investor.

Website ini dikhususkan bagi mahasiswa Unika yang memiliki ide bisnis. Profil bisnis mereka dapat ditampilkan di website tersebut. Dari profil yang ditampilkan, website bersama.unika.ac.id memberikan peluang pada para investor untuk mendanai bisnis tersebut. Sebagai contohnya, entrepreneur Unika ingin memperkuat branding produk yang ia hasilkan dan tentunya hal tersebut membutuhkan dana tambahan. Dana tambahan tersebut disampaikan bersama dengan profil bisnis yang disampaikan dalam bersama.unika.ac.id. Dari website tersebut, investor dapat melihat sekaligus memilih produk-produk yang dapat didanai. Dalam website ini, investor dapat menanamkan investasinya dalam berbagai bentuk misalnya saja penyaluran melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility) yang dimiliki ataupun dalam bentuk divestasi (penanaman modal jangka panjang), bisa juga melalui sharing keuntungan kedua belah pihak,” jelas Yekti.

Smart Library

Pihak ketiga yang turut membangun kerjasama dengan PT. Visionet adalah Perpustakaan Unika Soegijapranata yang dikepalai oleh Rikarda Ratih Saptaastuti, S.Sos. Dalam keterangannya, Ratih menjelaskan kerjasama dengan PT. Visionet tidak lain utnuk melayani kebutuhan generasi Z dan masyarakat dalam mengakses koleksi dan layanan digital perpustakaan.

“Untuk menyesuaikan kebutuhan pemustaka jaman now, perpustakaan Unika Soegijapranata melakukan pengembangan tidak hanya koleksi digital tapi layanan yang berbasis digital. Di sisi lain, PT Visionet Internasional yang bergerak dalam bidang IT Outsourcing Services mendorong usaha Unika dalam pengembangan konsep “Smart Library” untuk Perpustakaan Unika Soegijapranata. Dalam kerjasama ini, Perpustakaan Unika dan PT. Visionet sepakat menerapkan layanan fotokopi dan cetak (print out) dokumen dengan menggunakan e-money. Mesin fotokopi dan cetak diintegrasikan dengan aplikasi e-money, sehingga pemustaka dimudahkan dalam proses pembayaran tidak dengan uang tunai tetapi dengan aplikasi pintar tersebut. Dimungkinkan pula untuk pengembangan aplikasi selanjutnya adalah pembayaran denda perpustakaan menggunakan e-money,” tegas Ratih. (Cal)

Kategori: ,