Unika Gelar Mathematic Logic Competition
Jumat, 4 Mei 2018 | 8:58 WIB

image

Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata kembali menggelar ajang kompetisi siswa SMA se-Jawa Tengah dalam kegiatan Mathematic Logic Competition (MLC) yang ke VII.

Pelaksanaan kegiatan kompetisi MLC ini diselenggarakan melalui beberapa tahap mulai tahap penyisihan 26 Maret hingga 26 April 2018 secara online melalui aplikasi mobile berbasis android, selanjutnya tahap final Kamis, 3 Mei 2018.

“Kompetisi MLC yang ke VII ini diikuti 400 peserta dari 30 sekolah SMA/SMK se-Jawa Tengah. Dari 400 peserta tersebut setelah mengikuti tahap penyisihan, akhirnya hanya 47 peserta yang lolos masuk ke tahap final. Dan berbeda dengan tahap penyisihan yang dilakukan secara online, maka untuk tahap final, para peserta harus berkompetisi secara langsung untuk mendapatkan skor tertinggi, tropi dan hadiah,” ucap An Nisa Santi Kiswanto, S.Kom, ketua panitia penyelenggara MLC ke VII, sekaligus salah satu dosen Prodi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata.

Lebih lanjut An Nisa menjelaskan kegiatan kompetisi yang sudah dilaksanakan ketujuh kalinya ini bertujuan untuk memberikan gambaran kegunaan matematika dalam menyelesaikan persoalan yang ada dalam kehidupan sehari-hari dengan menggabungkan prinsip logika dan pembuktian matematika.

Sementara para siswa mengikuti seleksi tahap final, para guru pendamping siswa dari masing-masing sekolah juga diundang untuk mengikuti acara Forum Group Discussion (FGD) Matematika dengan pemateri YB Dwi Setianto, ST., M.Cs.

Salah satu guru pendamping siswa dari SMKN 2 Salatiga Asny Eka Indrastuti, S.Pd,  mengungkapkan keterkejutannya tatkala dikontak siswanya saat lolos final kompetisi MLC ini.

” Pada awalnya saya memang tidak mengetahui jika anak didik saya telah mengikuti seleksi pada babak penyisihan  dalam kompetisi MLC ini, karena pendaftaran dan seleksinya kan secara online, maka ketika mereka terpilih masuk ke babak final, baru siswa saya mengontak saya pada hari Senin (30/4) untuk mohon bimbingan dan pendampingan. Sehingga otomatis waktu yang tersisa harus kami maksimalkan untuk persiapan babak final. Kebetulan juga pada hari Senin itu, mereka juga baru selesai penarikan praktek kerja lapangan jadi tatap muka untuk latihan materi lomba juga baru bisa dilakukan mulai hari Rabu (2/5) kemarin,“ jelasnya.

Hasil kompetisi final MLC ke VII tahun 2018 diraih kelompok Benedictus Visto Kartika dan Kresna Kirana Kusjantono dari SMA Kolese Loyola Semarang sebagai Juara I, kelompok Denis Aldi Septiyono dan Yumna Aqila Rasyidah dari SMAN 2 Purwokerto sebagai Juara II serta Salsabilla Kusuma Maharani dari SMA Semesta Semarang sebagai Juara III.

http://www.kampussemarang.com

Kategori: