Tingkatkan Akreditasi Jurnal, Diadakan Workshop Penulisan
Senin, 28 Mei 2018 | 9:17 WIB

image

Salah satu indikasi kemajuan lembaga pendidikan tinggi adanya penelitian aktif para dosennya yang dipublikasi melalui jurnal nasional dan internasional.  Menulis jurnal menjadi kewajiban tiap dosen selain mengajar, meneliti dan melakukan pengabdian masyarakat.

Program Studi Sistem Informatika Unika Soegijapranata Semarang Kamis (24/05/2018) menggelar workshop tentang ‘Penulisan Naskah Jurnal’ dengan narasumber Prof  Dr F Ridwan Sanjaya MS IEC (Rektor Unika Soegijapranata yang juga penulis dengan index scopus yang tinggi dan pembicara di banyak workshop dan seminar) dan Dra Cecilia Titiek Murniati MA PhD (Wakil Rektor I Unika) dengan materi cara mengemas artikel atau calon artikel yang biasanya ditulis dalam bahasa Indonesia disajikan dalam bentuk bahasa Inggris.

Ketua Program Studi Sistem Informasi Unika Benardinus Harnadi PhD mengemukakan jurnal ilmiah Sisforma prodi ini menjadi wadah hasil penelitian yang saat ini sedang ditingkatkan pengelolaannya menuju terakreditasi dari Kemenristek Dikti. Salah satu kegiatannya workshop penulisan naskah jurnal yang akan disusul workshop pengembangan website OJS dan workshop pengelolaan website OJS. Selain itu diskusi atau pembekalan bagi para dewan editor dan para reviewer untuk meningkatkan pengelolaan jurnal Sisforma.

Kepala UPT Perpustakaan Unika Soegijapranata Rikarda Ratih Saptaastuti SSos menambahkan tentang kategori jurnal Dikti yang menjadi tujuan akreditasi atau berdasarkan pengertian yang ada di laman ristekdikti, sering disebut SINTA (Science and Technology Index).

Sinta merupakan portal yang berisi pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek. Jurnal yang telah dikategorikan berdasarkan Sinta 1 sampai Sinta 6 akan dilakukan pemeringkatan berdasarkan jumlah sitasi dan h indeks dari Google Scholar yang telah dibuat oleh masing-masing jurnal setelah dilakukan verifikasi.

Dari Sinta 1 hingga 6, yang terakreditasi adalah Sinta 1 (Terakreditasi A nilai >85, atau terindeks Scopus) dan Sinta 2 (Terakreditasi B nilai 70-85), sedang Sinta 3 sampai Sinta 6 masuk dalam kategori jurnal proses akreditasi dan evaluasi.

http://krjogja.com, http://www.kampussemarang.com

Kategori: