Sahur Bersama Wujud Persaudaraan dalam Berbangsa
Senin, 28 Mei 2018 | 11:14 WIB

Dalam rangka memperingati bulan suci Ramadhan 2018, Yayasan Puan Amal Hayati bekerjasama dengan Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan-Keuskupan Agung Semarang (HAAK KAS) dan Unika Sogijapranata serta berbagai pihak menyelenggarakan acara Sahur Bersama Dra. Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, M.Hum. Acara tersebut diselenggarakan di halaman Pastoran Johanes Maria Unika pada Jumat dinihari (25/5) .

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, MS., IEC, Pastor Kepala UPT Reksa Pastoral Kampus Unika yang juga Ketua HAAK KAS, Romo Aloysius Budi Purnomo Pr, dan para tokoh agama lintas iman.

Melalui terselenggaranya acara sahur bersama ini, Romo Budi mengajak kaum muda agar senantiasa bisa hidup bersama bersaudara dengan siapapun meskipun terdapat perbedaan. Hal tersebut sesuai dengan semangat yang dimiliki oleh Ibu Shinta.

“Ibu Shinta dengan semangat keteladanannya telah memberikan contoh kepada kita bahwa beliau seorang Ibu yang peduli untuk anak-anak bangsa tanpa diskriminasi, itu yang terpenting,” ujar Romo Budi dalam sambutannya dihadapan ratusan orang dari berbagai agama yang hadir memenuhi halaman pastoran.

“Kita sungguh bahagia mempunyai Ibu yang peduli untuk bangsa kita” lanjut Romo Budi.

Sementara itu, Dra. Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, M.Hum, dalam orasinya menyampaikan bahwa acara sahur bersama ini dipergunakan untuk lebih menjalin ikatan tali persaudaraan di antara sesama anak bangsa karena mengingat penduduk Indonesia sangat beraneka ragam mulai dari berbagai suku bangsa, berbagai agama, berbagai bahasa, adat, budaya dan lain sebagainya.

“Setiap kali ada penyelenggaraan acara sahur bersama ini, maka saya akan selalu mengajak saudara-saudara sebangsa dan setanah air untuk bersama-sama menyelenggarakan sahur bersama sebagai ungkapan rasa kasih, rasa persaudaraan, rasa saling menghormati, rasa saling menghargai dan sebagai ikatan keluarga antar sesama anak bangsa untuk membantu saudaranya yang Islam agar bisa melaksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya” ungkap Dra. Shinta.

Selain itu Dra. Shinta menambahkan acara sahur bersama ini juga sebagai bentuk pengamalan ajaran kebaikan yang diserukan oleh semua agama termasuk oleh agama Islam.

Acara yang berlangsung sejak pukul 02.00 WIB hingga pukul 04.30 WIB ini selain menikmati sahur bersama juga dimeriahkan dengan berbagai tampilan dari berbagai komunitas yang menyanyikan lagu-lagu nasional dan lagu keagamaan. Berbagai komunitas tersebut antara lain dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Unnes Semarang, Penampilan Grup Keroncong dari Gereja Isa Almasih Dr Cipto Semarang, PMII Gusdurian UIN Walisongo Semarang dan Tari Sufi. (Holy)

Kategori: ,