Rise Up Psychology!
Selasa, 8 Mei 2018 | 13:09 WIB

Berada dalam satu fakultas yang sama dengan ketertarikan dan minat yang sama pada suatu bidang ilmu membuat hubungan baik antar mahasiswa perlu dijalin dengan baik. Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata terkenal dengan seruan persatuan berupa “Psikologi Satu” yang diwariskan pada mahasiswa tiap angkatan agar mahasiswa Fakultas Psikologi selalu mempererat persahabatan dan hubungan satu sama lain sebagai satu keluarga psikologi. Atas dasar itulah, Bidang III Minat Bakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi (BEMF) mengadakan sebuah acara tahunan sebagai salah satu ajang mempererat persaudaraan antar mahasiswa Fakultas Psikologi, yaitu Convergent. Acara ini terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu pertandingan basket dan badminton yang berlangsung pada Senin (30/4) di Sporthall Unika, pertandingan futsal di lapangan Albertus pada Rabu (2/5), serta Kamis (3/5) untuk audisi pentas seni di ruang Teater, gedung Thomas Aquinas. Seluruh rangkaian acara ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Psikologi antar kelas dan angkatan.

“Convergent merupakan serangkaian acara yang berada di bawah tanggung jawab BEMF Psikologi yang memiliki ‘Rise Up Amity’. Acara ini dimaksudkan untuk menyatukan warga psikologi satu. Nah dari makna tersebut, Convergent memiliki tujuan mengakrabkan seluruh warga psikologi antar angkatan maupun antar kelas,” ujar Rheina Fatiaya sebagai salah satu seksi acara Convergent 2018.

Sama seperti kebanyakan acara yang diadakan di Fakultas Psikologi bahkan pada tingkat universitas, tim Zeus, sebutan untuk panitia Convergent 2018 memiliki beberapa tantangan yang  pada akhirnya berhasil mereka hadapi setelah Convergent terlaksana dengan baik.

“Tantangan dalam kepanitiaan ini ya dari gimana caranya kita bisa membangun satu suara dan satu visi antar divisi. Tantangan lainnya adalah bagaimana kita mengajak teman-teman mahasiswa psikologi untuk bisa ikut serta dalam acara ini, karena meskipun tampak sederhana tapi sebenarnya antara susah dan gampang. Kami juga harus berusaha agar apa yang terlaksana di lapangan saat hari-H sesuai dengan rencana yang sudah kami susun sejak awal,” cerita Rheina.

Pada pertandingan antar angkatan pada tahun ini, pertandingan badminton, basket putra maupun basket putri dimenangkan oleh tim dari angkatan 2016. Sedangkan untuk pertandingan futsal putra maupun futsal putri dimenangkan oleh angkatan 2015. Selama berdinamika sebagai salah satu tim Zeus, Rheina mengakui jika ia menikmati proses yang ada sejak awal bergabung hingga hari pelaksanaan karena dinamikanya yang seru. Ia dapat beradaptasi dengan baik serta menjadi semakin akrab satu sama lain.

“Convergent tahun ini tuh kayaknya lebih asik, lebih seru, dan lebih sederhana sehingga tidak butuh banyak biaya. Tahun ini audisi pensi juga lebih menarik dan lebih seru, lebih banyak penontonnya dibanding tahun kemaren, jadi lebih berkembang,” ujar Sunu Putri, salah satu mahasiswa Psikologi angkatan 2016 yang ikut serta memeriahkan acara audisi pensi Convergent 2018. (SF)

Kategori: ,